Pemerintah Kota Surakarta
Kunjungan Menteri Perdagangan RI di Pasar Gede
  September 19, 2022 12:30

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mendampingi Kunjungan Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan di Pasar Gede Surakarta, pada Kamis (15/9). Dalam kunjungannya, Zulhas memuji kebersihan Pasar Gede. Menurutnya, pasar yang juga merupakan cagar budaya Solo itu layak menjadi pasar wisata. Selanjutnya, Zulhas juga memantau harga bahan pangan yang tersedia di Pasar Gede. 

 

Kemudian, Zulhas menyampaikan bahwa kenaikan BBM belum berdampak bagi pedagang pasar. Beliau mengatakan apabila terjadi kenaikan harga pada bahan pokok akan ditanggulangi menggunakan dana cadangan. Oleh karena itu, diperlukan pengecekan secara berkala terkait barang yang dijual di pasar. Hal ini untuk memastikan bahwa harga yang ditawarkan masih dalam batas normal.

 

Meskipun naik, misalnya bahan baku dari luar Solo dengan tambahan ongkos yang naik sampai 5 persen, akan ditanggung pemerintah dengan dana cadangan. Sejauh ini, bahan pokok yang sudah naik, yaitu beras. Pemerintah akan melakukan koordinasi kepada Bulog untuk mengatasi hal ini.

 

Mendag menegaskan bahwa harga minyak dari Dinas Perdagangan tidak boleh dijual lebih mahal dari harga asli. Kecuali kalau yang premium atau terdapat merek brand yang beragam, diperbolehkan untuk menaikkan harga.

 

Selain itu, ditemui di akhir peninjauan, Walikota juga menambahkan terkait tentang harga bahan pokok yang harganya masih normal. Beliau mengatakan dana bantuan Pemda akan diformulasikan untuk menanggulangi permasalahan yang muncul di masyarakat Kota Surakarta. 

 

Walikota juga mengimbau masyarakat untuk tenang dan tidak panik terhadap kenaikan BBM saat ini. Karena pemerintah sudah mempersiapkan solusi dari permasalahan ekonomi yang mungkin saja terjadi akibat kenaikan BBM.

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

425,986

Visitors total

331,051

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta