Pemerintah Kota Surakarta
Fasilitas Olahraga untuk Masyarakat Kota Solo
  September 19, 2022 12:45

Kota Solo memiliki ragam fasilitas olahraga yang bisa digunakan oleh masyarakat luas. Bahkan ada beberapa dari fasilitas tersebut yang sudah memiliki standar internasional, seperti Stadion Manahan dan Lapangan Kota Barat. Selain dari dua fasilitas olahraga tersebut, masih banyak lagi fasilitas olahraga yang ada di Kota Solo. Di antaranya ada Stadion Sriwedari, Kolam Renang Tirtomoyo, dan Lapangan Penumping. 

 

Fasilitas olahraga yang dapat dinikmati oleh masyarakat Kota Solo yang pertama ada Stadion Manahan. Stadion yang memiliki luas keseluruhan sekitar 170 ribu meter persegi ini memiliki arsitektur bangunan yang megah nan indah. Lingkungan sekitar Stadion Manahan juga dilengkapi spot-spot yang bisa digunakan untuk berolahraga, seperti jogging, senam, bermain sepatu roda, tennis, dan lain-lain. Selain itu beberapa olahraga juga bisa dilakukan di Stadion Manahan, seperti voli, basket, dan bahkan disana juga dilengkapi spot untuk fitnes. Fasilitas-fasilitas yang ada di sekitaran Stadion Manahan ini bisa dinikmati oleh masyarakat umum secara gratis. Pengunjung hanya perlu membayar karcis parkir saja.

 

Berikutnya ada Stadion Sriwedari. Stadion Sriwedari ini terletak di dalam kompleks Taman Sriwedari. Stadion ini berbentuk oval dan dilengkapi dengan trek untuk sarana olahraga atletik, lapangan sepak bola, tribun penonton, dan lampu sorot setiap sudut. Stadion Sriwedari juga telah ditetapkan sebagai cagar budaya nasional sejak tahun 2016. Stadion ini bisa digunakan untuk masyarakat umum secara gratis. 

 

Selanjutnya untuk fasilitas olahraga air, ada Kolam Renang Tirtomoyo. Kolam renang ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu yang suka dengan olahraga air seperti berenang. Kolam Renang Tirtomoyo ini terbagi menjadi dua lokasi. Yang pertama berlokasi di Manahan, dan satu lagi berlokasi di Jebres. Kolam Renang Tirtomoyo bisa dinikmati untuk segala usia. Untuk tarif masuknya sendiri cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp8.000,00 (delapan ribu rupiah). 

Berikutnya ada lapangan Kota Barat yang terletak di Jalan Dokter Moewardi, Kecamatan Banjarsari Solo. Lapangan ini  termasuk kedalam kategori kelas A dan sudah berstandar internasional. Bahkan lapangan sering digunakan sebagai tempat untuk latihan klub profesional. Lapangan Kota Barat dapat disewakan untuk kegiatan umum maupun kegiatan sosial.

 

Kemudian yang terakhir ada Lapangan Penumping. Lapangan yang berlokasi tak jauh dari Kantor Kecamatan Laweyan ini baru saja diresmikan oleh Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Terdapat sejumlah fasilitas di lapangan ini, diantaranya lapangan voli, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan tenis, dan jogging track. Lapangan Penumping ini bisa digunakan oleh masyarakat secara umum. 

 

Itulah beberapa fasilitas olahraga yang ada di Kota Solo. Fasilitas-fasilitas tersebut dibangun guna ikut mensukseskan sport tourism di Kota Solo. Dengan adanya fasilitas olahraga tersebut diharapkan juga bisa ikut meningkatkan kesehatan masyarakat Kota Solo.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

22

Visitors today

13

Visits total

425,318

Visitors total

330,659

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta