Pemerintah Kota Surakarta
Ciptakan Internet Aman Melalui Digital Hygiene
  September 21, 2022 13:25

Pernahkah kamu mendengar istilah digital hygiene? Hal ini diartikan sebagai kebersihan digital. Maksudnya adalah tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya ancaman digital. Dewasa ini, semakin banyak kejahatan di bidang digital yang rentan terjadi. Misalnya surel yang membahayakan penerimanya, rekayasa sosial, pengelabuan, pelecehan siber, peretasan akun dan peralatan, hingga pencurian data pribadi. Oleh karena itu, di zaman yang semakin canggih ini, kita harus pintar-pintar menciptakan keamanan terhadap gadget agar tidak sampai terjadi kebocoran data atau yang lainnya.

 

Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan digital.

  • Memperbaharui perangkat lunak

Selalu lakukan update pada perangkat lunak alias software yang terpasang dalam gadget atau perangkat Anda. Pembaruan perangkat lunak sangat disarankan supaya bisa menambal kekurangan dari versi software sebelumnya. Karena, biasanya setiap versi memiliki kekurangan masing-masing. Sehingga pembaruan tetap terus ada. Misalnya pada versi sebelumnya yang belum sempurna akan disempurnakan oleh versi terbaru. Maka, secara otomatis tingkat keamanan software pun juga ikut terbaharui.

  • Memilih kata sandi yang rumit

Kata sandi atau password dapat digunakan sebagai pengaman perangkat. Demikian, diperlukan kombinasi antara angka, huruf, dan simbol yang rumit agar mencegah terjadinya peretasan. Semakin rumit kata sandi, maka akan membutuhkan waktu yang lama pula untuk meretas gadget Anda. Jika ingin menambah perlindungan kata sandi, gunakan autentikasi dua faktor semua akun yang Anda miliki. Selain itu, sesekali ubah juga kombinasi kata sandi Anda.

  • Hindari mengunduh aplikasi bajakan

Biasanya aplikasi atau software ilegal disisipi virus, sehingga tidak aman untuk perangkat. Ketika Anda mengunduh dan memasangnya dalam perangkat, maka akan menginfeksi dan mengganggu sistem kerja lainnya. Bahkan, dapat menyebabkan performa perangkat menjadi lambat. Dampak lebih parahnya, aplikasi atau software bajakan mampu menyebabkan hilangnya data dan risiko terjadinya hacking.

  • Buat cadangan berkas

Peretasan akan membuat berkas-berkas penting ikut hilang. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat berkas cadangan jauh-jauh hari. Agar dokumen penting akan tetap bisa Anda akses dan digunakan. Anda bisa menggunakan enkripsi untuk memulihkan kembali data yang tersimpan dalam gadget.

  • Proteksi keamanan koneksi internet

Gunakan Virtual Private Network (VPN) untuk menciptakan koneksi internet yang lebih aman. VPN bisa dikatakan sebagai salah satu jenis jaringan komputer yang umum digunakan masyarakat. VPN berguna untuk mengamankan enkripsi, mentransfer data dengan aman, mengurangi gangguan koneksi, menyamarkan lokasi, hingga mengakses konten regional.

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan digital hygiene. Namun, cara di atas hanya mampu melindungi data atau dokumen dari segi pengguna. Akan berbeda penanganan jika itu diterapkan dalam database yang lebih besar. Tetapi, tidak ada salahnya untuk menjalankan langkah pencegahan sedini mungkin, supaya peretasan dapat digagalkan sejak awal. Yuk, lakukan dan terapkan digital hygiene untuk wujudkan internet aman dan sehat!

 

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

257

Visitors today

203

Visits total

380,853

Visitors total

298,072

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta