Pemerintah Kota Surakarta
Berburu Kuliner di Pasar Gede
  September 25, 2022 12:45

Kota Solo memiliki beragam wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi. Kota ini sangat cocok bagi para pelancong yang suka menjelajah situs-situs bersejarah. Sebab, mayoritas obyek wisata yang dimilikinya merupakan bangunan peninggalan masa kejayaan kolonial dan kerajaan zaman dahulu. Sehingga, pelancong dapat berwisata menjelajah kota sekaligus belajar sejarah.

Namun, jika kamu pecinta kuliner tak perlu ragu untuk mengunjungi kota ini. Karena Solo juga memiliki beragam wisata kuliner dengan ciri khas yang unik. Salah satunya berada di Pasar Gede. Tepatnya ada di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, yang merupakan pasar tertua di Kota Solo. Keberadaannya telah ada sejak tahun tahun 1927, ketika masa pemerintahan Pakubuwono X.

Pasar Gede mulanya menjadi tempat perekonomian utama di Kota Solo. Banyak penjual yang menjajakan makanan tradisional khas Kota Solo hingga saat ini. Berikut rekomendasi kuliner yang bisa kamu coba di Pasar Gede:

  • Es dawet telasih Bu Dermi

Perpaduan santan kelapa yang gurih dan gula merah yang manis akan terasa nikmat jika disantap saat siang hari. Yang menarik dari minuman ini adalah penambahan telasih. Karena biasanya dawet tidak diberi telasih, melainkan hanya cendol saja. Kuliner yang satu ini tak asing lagi bagi wisatawan. Hampir semua pengunjung yang berasal dari luar Solo pasti mencicipinya. Maka tak heran jika ingin membeli es dawet telasih Bu Dermi ini harus rela antre. 

  • Lenjongan dan brambang asem

Makanan yang terdiri dari berbagai macam jajanan pasar, antara lain ketan item, tiwul, cenil, jongkong, uli, getuk tiwul, gatot, sawut, ketan putih, dan klepon. Harganya pun terjangkau, sekitar Rp5.000,00 (lima ribu rupiah) saja, kamu sudah bisa membawa pulang satu bungkus lenjongan. Di tempat yang sama juga tersedia brambang asem, yakni berupa daun ketela yang direbus dan disiram saus rasa asam manis kemudian disantap bersama tempe gembus bacem.

  • Nasi Liwet Bu Sri

Jika berkunjung ke Kota Solo, kamu akan menemukan deretan penjual nasi liwet. Makanan ini merupakan salah satu makanan asli Kota Solo. Bahkan telah dinobatkan sebagai ikon kuliner Kota Solo pada Juli 2022 silam. Di kompleks Pasar Gede kamu juga bisa menemukan nasi liwet Bu Sri yang namanya cukup terkenal. Lokasinya berada di deretan lapak penjual buah, dan menempati posisi paling sudut.

  • Tahok

Ini merupakan makanan Tionghoa yang dibawa ke Solo. Berbahan dasar kembang tahu, tahok disajikan bersama kuah air jahe yang manis. Ketika dimakan, tekstur tahok yang lembut akan lumer di mulut. Bahkan, makanan ini menimbulkan efek hangat di badan, yang juga cocok dikonsumsi saat masuk angin.

  • Ayam goreng Pak Ali

Makanan yang satu ini juga menjadi andalan oleh-oleh ketika menjelajah Pasar Gede. Ada dua versi ayam goreng yang bisa dibawa pulang, yaitu goreng matang dan goreng setengah matang. Menariknya ayam goreng ini dibungkus menggunakan daun pisang dan besek. Aroma dan rasa yang dihasilkan pun lebih autentik dan lezat.

Itulah beberapa kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Pasar Gede. Masih banyak lagi kuliner enak di Solo yang harus kamu coba. Mulai dari makanan hingga minuman unik semuanya ada di Solo. Tunggu apalagi? Yuk, jalan-jalan ke Solo!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

8

Visitors today

5

Visits total

425,304

Visitors total

330,651

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta