Pemerintah Kota Surakarta
Asal-usul Plat Nomor Kendaraan Indonesia
  September 29, 2022 12:15

Setiap kendaraan yang beroperasi di jalan pada saat ini harus memiliki plat nomor. Plat nomor atau nomor kendaraan berisi sekumpulan huruf dan angka yang tersusun sedemikian rupa yang berfungsi sebagai identitas dari suatu kendaraan. Plat nomor biasanya terdapat pada bagian depan dan belakang kendaraan, sehingga dapat mudah teridentifikasi.

Ide penggunaan plat nomor tidak seketika hadir begitu saja pada saat kendaraan diciptakan akan tetapi bertahap dari masa ke masa. Asal-usul plat nomor bermula dari negara Perancis yang di mana negara tersebut menjadi pencetus pertama penggunaan plat nomor di dunia pada tahun 1893. Memasuki tahun 1901 beberapa negara seperti Belanda dan Amerika Serikat mulai mengikuti Perancis untuk menerapkan penggunaan plat nomor pada kendaraaan.

Pada tahun 1800-an diperkirakan penggunaan plat nomor mulai diterapkan di Indonesia. Asal-usul penggunaan plat nomor di Indonesia sendiri tidak dapat terlepas dari sejarah era penjajahan. Pada saat itu sebanyak 15 ribu pasukan Inggris berhasil menyerbu dan merebut Batavia dari kekuasaan pasukan Belanda. Pasukan Inggris tersebut terbagi menjadi 26 batalyon yang di mana masing-masing batalyon memiliki tanda berupa huruf A hingga Z. 

Batalion Inggris kemudian menyebar ke beberapa daerah di Indonesia dan menetapkan setiap daerah memiliki kode sesuai nama batalyon yang berhasil menempati daerah tersebut. Mulai saat itulah ditetapkan aturan bagi setiap kereta kuda yang merupakan kendaraan di era tersebut untuk menggunakan plat nomor sesuai dengan penamaan batalyon di daerah masing-masing. 

Pada saat itu daerah Batavia berhasil dikuasai batalyon B maka ditetapkan kode B untuk dijadikan plat nomor dengan diikuti lima digit terdiri dari angka dan huruf berikutnya. Terdapat juga batalyon L yang berhasil menempati daerah Surabaya. Oleh karena itu Kota Surabaya memiliki kode awalan huruf L pada setiap plat nomor kendaraannya.

Seiring perkembangannya, plat nomor memiliki tampilan warna yang berbeda sesuai dengan status dari kendaraan tersebut.

  • Plat berwarna hitam dengan tulisan putih menandakan jenis kendaraan milik pribadi atau kendaraan sewa
  • Plat berwarna kuning dengan tulisan hitam menandakan jenis kendaraan umum
  • Plat warna merah dengan tulisan putih menandakan jenis kendaraan dinas
  • Plat warna putih dengan tulisan biru menandakan jenis kendaraan milik Korps Diplomatik dari luar negeri

Penggunaan warna yang berbeda bertujuan agar kendaraan mudah dipantau dan dididentifikasi. Hal ini juga berguna untuk mengantisipasi penyalahgunaan fungsi.

 

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

22

Visitors today

13

Visits total

425,318

Visitors total

330,659

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta