Pemerintah Kota Surakarta
Indonesia Coffee Event League 2022
  October 1, 2022 12:15

Saat ini, banyak kedai kopi yang tersebar di Kota Solo. Situasi ini menambah daya tarik kota ini sebagai lokasi asyik nongkrong anak muda. Untuk itu, penyajian kopi dalam kedai tak bisa dilakukan sembarangan. Para barista telah dibekali ilmu dan keterampilan yang profesional untuk bisa membuat secangkir kopi yang spesial.

Pemerintah Kota Surakarta bersama dengan PT. Astery Grocery dan Roastery, mengadakan acara Indonesia Coffee Event League 2022. Acara ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para barista di Indonesia menunjukkan bakatnya dan berkompetisi menjadi yang terbaik. Adapun penyelenggaraannya berlangsung selama 5 hari, mulai dari tanggal 28 September hingga 2 Oktober 2022. Acara ini mengambil lokasi di Solo Technopark. 

Terdapat 4 kategori dalam kompetisi ini, di antaranya adalah:

  • Indonesia Latte Art Championship (ILAC)

Kategori ini melombakan kemahiran seorang barista dalam meracik minuman kopi untuk membuat seni di atas busa yang berasal dari campuran susu dan kopi.

  • Indonesia Cup Tester Championship (ICTC)

Dalam kategori ini, peserta akan berlomba-lomba menunjukkan kecepatan, keahlian, dan akurasi dalam membedakan perbedaan rasa didalam kopi specialty.

  • Indonesia Brewer Cup Championship (IBRC)

Selanjutnya, kategori ini merupakan kompetisi yang berfokus pada kerajinan pembuatan kopi filter dengan tangan. Selain itu, juga mempromosikan pembuatan kopi manual dan keunggulan service seorang barista.

  • Indonesia Barista Championship (IBC)

Kemudian, ada juga kategori dengan kompetisi yang berfokus pada promosi keunggulan terhadap kopi yang ditampilkan serta dalam rangka memajukan kualitas barista kedepannya.

Peserta yang mengikuti kompetisi ini berjumlah 16 orang. Namun, hanya dipilih 8 orang terbaik untuk lolos ke tahap berikutnya. Kompetisi pertama dilaksanakan pada hari Jumat, 30 September 2022. Sedangkan, tahap semi final akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022, dan tahap final pada hari Minggu, 2 Oktober 2022.

Diharapkan, dengan adanya event ini bisa menambah dan mengasah keterampilan para barista menjadi lebih mumpuni. Selain itu, dapat menjadi pengalaman baru untuk ikut dan meramaikan ajang kompetisi barista tingkat nasional.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,530

Visitors total

330,780

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta