Pemerintah Kota Surakarta
Memperingati Hari kesaktian Pancasila
  October 1, 2022 12:30

Bulan Oktober identik dengan perayaan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Hari Kesaktian Pancasila lahir adalah untuk memperingati gugurnya 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD dalam peristiwa Gerakan 30 September di Jakarta. Yang kemudian para perwira tersebut dianugerahi gelar pahlawan revolusi dan pahlawan nasional Republik Indonesia.

 Hari Kesaktian Pancasila memiliki beberapa makna yang cukup dalam. Makna tersebut diantaranya sebagai penghormatan terhadap seluruh pahlawan yang berguguran dalam melakukan tugasnya untuk melindungi Pancasila. Kemudian dijadikan sebagai ajang untuk mengingat perjuangan pahlawan sebagai usaha untuk membentengi peranan pancasila sebagai dasar negara serta sebagai ideologi bangsa. Dan yang makna yang terakhir, yaitu untuk meningkatkan kembali rasa nasionalisme dan patriotisme yang mulai luntur. 

Lalu apa bedanya Hari Kesaktian Pancasila dengan Hari Lahir Pancasila? Jika Hari Kesaktian Pancasila berkaitan erat dengan peristiwa Gerakan 30 September. Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni ini ditujukan untuk memperingati 5 dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Pancasila. 

Untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila, maka diadakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tahunnya. Tema yang diselenggarakan pada upacara peringatan tersebut, berbeda-beda setiap tahunnya. Dan untuk tahun ini, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila. Upacara di tingkat pusat akan diselenggarakan pada hari Sabtu pada tanggal 1 Oktober 2022 yang bertempat di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Upacara ini juga akan diselenggarakan secara virtual. Sehingga seluruh masyarakat Indonesia bisa ikut menyaksikannya hanya dari rumah saja. 

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, maka seluruh masyarakat Indonesia dihimbau agar mengibarkan bendera setengah tiang pada tanggal 1 Oktober 2022 pukul 06.00 waktu setempat. Hal ini dilakukan guna memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal tersebut. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

3

Visitors today

3

Visits total

425,855

Visitors total

330,979

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta