Pemerintah Kota Surakarta
Menpar Dorong Kreasi dan Sinergitas Gen Z dalam Dunia Digital
  November 9, 2022 12:15

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno, membuka secara resmi rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-3 Generasi Pesona Indonesia (GenPI) di Novotel Hotel Solo, pada hari Sabtu (5/11). Acara juga dihadiri oleh Bupati Kabupaten Maros, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Badan Otorita Borobudur, Direktur Pemasaran Nusantara Kemenparekraf, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf dan General Manager Geopark Maros-Pangkep.

Dalam sambutannya, Sandiaga menekankan makna yang mendalam dari tema Rakornas GenPI, yaitu KERIS (Kreatif Sinergis). Menurut beliau, tema tersebut adalah sebuah kata yang harus dimaknai sebagai bentuk kreasi dan sinergitas yang sangat diperlukan saat ini.

Selain itu, Sandiaga mengatakan bagaimana pentingnya upaya digitalisasi dalam Pariwisata Indonesia khususnya  di era yang serba digital seperti saat ini. “Di zaman yang penuh akan agility, creativity dan curiosity ini, peran GenPI sangatlah penting. Apalagi GenPI ini adalah komunitas yang diisi oleh Gen Z yang sangat aktif dengan dunia digital.” papar Sandiaga.

Beliau berharap agar GenPI selalu menjadi bagian dari garda terdepan pariwisata Indonesia dalam membantu mengkomunikasikan destinasi pariwisata Indonesia. Utamanya dapat dilakukan melalui konten-konten kreatif di media sosial. Sebab, dengan media sosial, dapat menjangkau seluruh elemen masyarakat dengan mudah dan cepat. 

Skenario ini akan diterapkan, khususnya untuk beberapa event yang akan berlangsung dalam waktu dekat, seperti World Superbike di Mandalika dan Presidensi G20 yang akan berlangsung di Bali.

“Dalam waktu dekat kita memiliki event internasional, ada World Superbike di Sirkuit Mandalika, dan yang terbesar adalah Presidensi G20 Indonesia yang akan berlangsung di Bali. Saya harap GenPI bisa menjadi bagian dari yang mempromosikan kegiatan yang akan berlangsung nantinya,“ tambah Sandiaga.

Pada kesempatan yang sama tersebut, Walikota Surakarta bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Republik Indonesia, juga meluncurkan Aplikasi LELANA. Ini merupakan sebuah aplikasi pariwisata karya dari Generasi Pesona Indonesia (GenPI).

Acara ini diharapkan mampu menjadi tombak untuk menumbuhkan keinginan para generasi muda supaya memiliki keinginan mendalami bidang digital. Semakin berkembangnya teknologi, membuat perubahan dalam segala bidang. Oleh karena itu, diperlukan keterampilan dan kemahiran Sumber Daya Manusia (SDM), dalam mengoperasikan sistem digital, khususnya media sosial. Yuk, pelajari dan pahami digitalisasi mulai dari sekarang!

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

33

Visitors today

32

Visits total

414,645

Visitors total

324,771

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta