Pemerintah Kota Surakarta
Bangga Pakai Produk Lokal
  November 10, 2022 12:30

Banyaknya budaya dan tradisi yang masuk ke Indonesia, berpengaruh terhadap sirkulasi produk lokal. Hal ini dikarenakan, masyarakat berlomba-lomba ingin memiliki produk-produk dari luar negeri yang mereka anggap lebih bergengsi. Namun, jika dibiarkan terus menerus akan membuat pelaku usaha lokal gulung tikar. Karena seluruh konsumennya beralih ke produk luar negeri. 

Ini juga akan berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat. Lemahnya permintaan terhadap produk lokal, tenaga kerja yang dibutuhkan pun akan ikut berkurang. Situasi ini menyebabkan lowongan pekerjaan menyempit dan terjadinya pengangguran dimana-mana. Bahkan lebih parahnya mampu menimbulkan tingkat kriminalitas yang tinggi. Terlebih di daerah perkotaan, yangmana menjadi lokasi tumpah ruah seluruh masyarakat untuk mencari pekerjaan demi bertahan hidup. Tentu, banyak masyarakat yang akan merugi akibat kondisi tersebut.

Oleh karena itu, kita harus lebih peduli terhadap produk lokal. Selain, untuk menunjukkan kebanggaan terhadap budaya Indonesia. Dengan membeli dan menggunakan produk lokal, kita dapat berperan untuk mendukung kesejahteraan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya di Kota Solo. 

Terkait akan hal itu, untuk meningkatkan kualitas UMKM, Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian (Dinkopukmperin), menghimpun para pelaku UMKM di kota ini untuk lebih memaksimalkan perkembangannya. Terdapat sistem terintegrasi UMKM yang dapat dimanfaatkan, yakni Sentra UMKM Surakarta.

Dilansir dari laman terkait, Sentra UMKM Surakarta situs produk UMKM gagasan dari Pemerintah Kota Surakarta, yang berguna sebagai media untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan produk-produk UMKM dan wujud nyata pemerintah Kota Surakarta dalam meningkatkan kemajuan dan perkembangan UMKM Kota Surakarta. Pemanfaatan umkm.surakarta.go.id dapat mendorong untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas pelaksanaan pembinaan agar lebih optimal melalui kegiatan yang semakin luas, merata, dan tepat sasaran.

Diharapkan langkah pemerintah ini, bisa menumbuhkan rasa kepercayaan kepada masyarakat agar berkenan menggunakan produk lokal. Sebab, seluruh UMKM yang telah bergabung didalamnya, diketahui telah lolos kriteria sistem. Kemudian, ada juga menu “Produk Unggulan,” yang berisi produk-produk lokal pilihan dan memiliki kualitas tinggi. Sehingga, masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya. 

Dengan meningkatnya kemakmuran bagi UMKM, secara tidak langsung akan membuka peluang lowongan pekerjaan. Maka, perlahan perekonomian pun akan ikut bangkit. Dapat dikatakan pula, dengan menggunakan produk lokal, kita bisa membantu meningkatkan devisa negara. Yuk, dukung dan beli produk UMKM!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,061

Visitors total

329,916

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta