Pemerintah Kota Surakarta
Apakah Gedung Djoeang Bisa Digunakan untuk Acara?
  November 17, 2022 12:15

Kota Solo selalu menawarkan destinasi wisata yang unik dan menarik. Mulai dari wisata kuliner, wisata batik, wisata belanja, hingga wisata tempat bersejarah. Terdapat berbagai tempat bersejarah di Kota ini. Salah satu tempat tersebut yaitu Gedung Djoeang yang berada di daerah Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Gedung Djoeang didirikan pada era Pemerintahan Belanda menguasai Kota Solo. Gedung ini sempat beberapa kali dialih fungsikan. Awal mula gedung tersebut digunakan sebagai kantin, klinik kesehatan, asrama militer bagi Pasukan Belanda di Kota Solo. Lalu pada saat Pemerintah Jepang menguasai Kota Solo, fungsinya berganti. Pada saat Pemerintahan Jepang Gedung ini digunakan sebagai markas dan barak militer. Pada saat ini gedung tersebut ditetapkan masuk ke dalam Cagar Budaya Solo (CBS).

Meski sempat terbengkalai dalam waktu yang lumayan lama, mulai tahun 2019 gedung tersebut dikelola dan dijadikan sebagai area wisata di Kota Solo. Wisata Gedung Djoeang menawarkan pengalaman berwisata di Kota Solo dengan suasana khas eropa. Bangunan-bangunan antik dengan desain khas Eropa disertai berbagai hiasan seperti lampu, rumput sintetis, dan patung-patung dapat dijumpai di area wisata tersebut.

Selain sebagai area wisata, Gedung Djoeang juga dapat digunakan untuk berbagai event salah satunya untuk acara pesta pernikahan. Gedung Djoeang sangat ideal dijadikan tempat pesta pernikahan. Bangunan bernuansa kolonial yang diusungnya, membuat acara pernikahan yang digelar di Gedung Djoeang, menjadi berbeda dari biasanya.  Hal tersebut dikarenakan semenjak pandemi Covid-19 tren pernikahan seringkali menggunakan konsep intimate wedding dengan jumlah tamu yang terbatas tetapi penuh dengan kesan mendalam.

Keunggulan dari mengadakan pernikahan di Gedung Djoeang yaitu akan mendapatkan momen pernikahan dengan suasana khas Eropa. Selain itu Letak Gedung Djoeang yang berada pada satu komplek dengan Petit Boutique Hotel Solo sehingga memudahkan bagi rombongan pernikahan apabila ingin mencari tempat penginapan.

Apabila ingin mengadakan acara pesta pernikahan di Gedung Djoeang maka dapat langsung menghubungi Wening Damayanti selaku General Manager Petit Boutique Hotel Gedung Djoeang 45 Solo melalui email: gm@petitsolo.id atau nomor telepon: 087805420330 (ian).

Pernikahan merupakan salah satu momen spesial bagi setiap orang. Oleh karena itu perlu dilaksanakan dengan maksimal sesuai dengan konsep yang diharapkan. Dengan menggunakan Gedung Djoeang, maka kalian akan mendapatkan pengalaman momen pernikahan bertema intimate wedding dengan suasana khas Eropa yang menarik dan sangat berkesan.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

23

Visitors today

14

Visits total

425,319

Visitors total

330,660

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta