Pemerintah Kota Surakarta
Mau Bikin Acara di Stadion Sriwedari? Begini Proses Izinnya
  November 24, 2022 12:45

Keberadaan Stadion Sriwedari yang berada di tengah Kota Surakarta membuat akses untuk stadion ini mudah dijangkau masyarakat. Stadion Sriwedari juga memiliki nilai sejarah yang tidak kalah penting, dimana stadion ini pernah menggelar PON pertama dan terdapat peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi. Kemudahan dan nilai sejarah inilah yang menjadi daya tarik masyarakat atau event organizer untuk menggunakan Stadion Sriwedari sebagai tempat pelaksanaan suatu acara. Pada Stadion Sriwedari sendiri memiliki beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk mengadakan suatu acara, fasilitas tersebut antara lain lapangan bola, lintasan atletik, dan lahan parkir stadion. 

 

Stadion Sriwedari sendiri dikelola oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surakarta.  Masyarakat ataupun event organizer yang ingin menggunakan Stadion Sriwedari sebagai tempat penyelenggaraan acara dapat mengurus perizinannya sebagai berikut :

 

  • Masuk website piranti saras Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surakarta (https://pirantisaras.surakarta.go.id/
  • Pilih Daftar Perizinan 
  • Pilih Stadion Sriwedari (Event / Kegiatan / Pertunjukan)
  • Pilih pendaftaran permohonan
  • Mengisi identitas diri (KTP/SIM/Nomor KK/paspor)
  • Mengisi data pada bagian pemohon, permohonan, dan persyaratan (fotocopy KTP bersifat tidak wajib dan foto pemohon bersifat wajib)
  • Lakukan verifikasi data dan penyerahan berkas sesuai ketentuan yang ada di Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surakarta. 
  • Data yang telah terverifikasi, maka pemohon akan melakukan pembayaran retribusi melalui Bank Jateng
  • Bukti pembayaran akan diterbitkan Bank Jateng
  • Penyerahan SK kepada pemohon

 

Setiap acara yang diselenggarakan di fasilitas yang berada di bawah naungan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surakarta dapat diurus perizinannya secara online dan untuk verifikasi data dilakukan secara langsung (offline). Nominal retribusi yang dibebankan kepada pemohon memiliki perbedaan satu fasilitas dengan fasilitas lainnya. Jumlah nominal retribusi dapat diketahui pemohon pada saat melakukan perizinan secara online.

 

Proses perizinan yang dilakukan secara online ini dapat mempermudah untuk masyarakat untuk menggunakan beberapa fasilitas yang dikelola Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surakarta. Cangkupan acara yang dapat dilakukan di Stadion Sriwedari pun sangat beragam, meliput acara konser musik, tabligh akbar, pertandingan sepak bola, pameran, dan acara lainnya. 

 

Beragamnya kegiatan yang pernah dilaksanakan di Stadion Sriwedari sendiri menunjukan kesiapan dari segi tata kelola birokrasi hingga sarana penunjang yang ada di dalam dan sekitar Stadion Sriwedari mendukung untuk segala bentuk kegiatan. Kesiapan dari segala unsur yang dimiliki Stadion Sriwedari inilah yang dapat menyakinkan masyarakat ataupun event organizer untuk menggunakan Stadion Sriwedari untuk tempat penyelenggaraan acara. 

 

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

55

Visitors today

50

Visits total

414,667

Visitors total

324,789

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta