Pemerintah Kota Surakarta
Fungsi Panic Button Pada Aplikasi Solo Destination
  November 25, 2022 12:30

Aplikasi Solo Destination merupakan sebuah aplikasi yang dikeluarkan oleh Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Persandian Kota Surakarta guna memudahkan pelayanan masyarakat. Di dalam aplikasi tersebut disajikan berbagai informasi seputar Kota Solo. 

 

Aplikasi Solo Destination bisa digunakan oleh siapa saja. Baik dari warga Solo sendiri maupun warga luar Solo bisa mengunduh aplikasi ini. Aplikasi Solo Destination tersedia di App Store dan juga Play store. 

 

Aplikasi Solo Destination menawarkan fitur yang beragam. Fitur-fitur yang disediakan di aplikasi ini berkaitan dengan layanan pemerintahan, seperti ULAS (sebuah platform pengaduan masyarakat Kota Solo mengenai fasilitas dan layanan publik), e-Uji (yang digunakan untuk pengajuan uji kendaraan bermotor), e-Pajak (berisikan informasi seputar pelayanan pajak), perizinan/MPP (mengenai perizinan berusaha dan Mal Pelayanan Publik), harga pangan (berisikan daftar harga sembako terkini), radio anak KONATA, info pariwisata Solo, transportasi umum, dan fitur terbarunya yaitu tombol panic button. 

 

Fitur terbaru dari Aplikasi Solo Destination, panic button (tombol darurat) merupakan sebuah fitur yang bisa digunakan untuk memberikan laporan yang bersifat darurat, seperti pencopetan, dan pencurian yang terjadi di tempat umum. Tombol ini terletak di halaman utama pada Aplikasi Solo Destination. Tombol tersebut divisualkan dengan simbol berwarna merah sehingga mudah dikenali dan mudah ditemukan. 

 

Jika seseorang menjadi korban pencopetan maka bisa langsung melaporkannya melalui tombol panic button, dengan cara tekan menu bergambar lonceng kemudian tekan kirim. Sebelum mengirim pastikan dulu bahwa akun yang digunakan sudah terdaftar, dan nomor yang didaftarkan dapat dihubungi. Jangan lupa lampirkan bukti foto atau video pada saat melakukan laporan melalui panic button. Setelah ada notifikasi laporan terkirim, maka laporan tersebut akan segera diproses oleh dinas terkait dan akan dilakukan tindak lanjut dengan menghubungi nomor pelapor. 

 

Dengan adanya fitur baru panic button ini, diharapkan dapat memudahkan warga Kota Solo, wisatawan lokal, maupun asing ketika menjelajahi Kota Solo. Selain mudah digunakan, Aplikasi Solo Destination ini memiliki berbagai fitur menarik yang memudahkan pengguna.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,061

Visitors total

329,916

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta