Pemerintah Kota Surakarta
Belanja Sambil Kota-kota di Night Market Ngarsopuro
  December 4, 2022 10:30

Bagi kalian yang hobi berbelanja maka Pasar Malam Ngarsopuro merupakan pilihan tempat yang tepat. Pasar malam ini buka setiap hari Sabtu malam. Jam operasional pasar ini yaitu dimulai pukul 19.00-22.00 WIB.

 

Pasar malam Ngarsopuro diresmikan oleh Wali Kota Solo yang pada saat itu adalah Bapak Joko Widodo. Pembukaan Pasar Malam Ngarsopuro telah dilakukan sejak tahun 2009 dan masih bertahan hingga saat ini.

 

Di tempat tersebut terdapat beraneka produk UMKM yang dapat dibeli. Terdapat sajian wisata kuliner tradisional seperti wedang ronde, nasi liwet, surabi dan masih banyak yang lainnya. Selain itu di Pasar Malam Ngarsopuro juga terdapat beragam produk batik seperti kain batik, daster batik, baju batik. Ada juga beraneka mainan tradisional yang dapat dibeli untuk anak ataupun adik di rumah. Rata-rata pelaku UMKM yang berjualan di tempat ini memang berasal dari Kota Solo.

 

Pasar malam ini juga menyajikan pilihan wisata belanja barang antik atau jadu. Hal tersebut karena lokasi pasar malam berdekatan dengan Pasar Triwindu yang merupakan pusat penjualan barang antik di Kota Solo. Terdapat aneka jenis barang antik diantaranya aneka patung, radio jadul, piring antik, aneka topeng, teko antik, dan pernak-pernik antik lainnya.

 

Pasar Malam Ngarsopuro awalnya berlokasi di Jalan Diponegoro, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Akan tetapi untuk saat ini yaitu mulai Juli dan diperkirakan hingga akhir tahun 2022 lokasi pasar malam dipindahkan sementara. Hal tersebut karena saat ini sedang dilaksanakan proyek pedestrian kota di kawasan Koridor Ngarsopuro dan Jl Gatot Subroto.

 

Lokasi pemindahan Pasar Malam Ngarsopuro untuk sementara ini berada di Jl. Bhayangkara, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta atau di sisi barat Stadion Sriwedari dan Museum Keris.

 

Berbelanja di pasar malam ini cukup menarik. Pasalnya pembeli diperbolehkan untuk menawar barang dagangan penjual. Jika berhasil menawar tentu saja sangat menguntungkan bagi pembeli karena dapat berbelanja dengan biaya yang lebih hemat.

 

Meski sempat ditiadakan dua tahun lalu dikarenakan pandemi covid-19 kini Pasar Malam Ngarsopuro kembali ramai oleh pengunjung. Pasar ini kembali dibuka sejak 9 April 2022 lalu. Bagi yang ingin berwisata malam di Kota Solo kalian dapat datang ke Pasar Malam Ngarsopuro, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

12

Visitors today

7

Visits total

425,844

Visitors total

330,972

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta