Pemerintah Kota Surakarta
Pergi ke CFD Aman dan Nyaman
  December 5, 2022 12:45

Setiap hari Minggu pagi, tepatnya pada pukul 06.00-09.00 WIB seluruh masyarakat Solo dan sekitarnya dapat berkunjung ke sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Di tempat ini diadakan kegiatan Solo Car Free Day (CFD), dimana masyarakat yang datang tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor dan sejenisnya. Dikarenakan, lokasi CFD hanya diperuntukkan untuk aktivitas olahraga maupun event-event tertentu.

 

Mengingat, banyaknya masyarakat yang tumpah ruah di lokasi CFD, pengunjung yang datang diimbau untuk mengamankan barang bawaan masing-masing. Usahakan tidak membawa barang-barang berharga ke tempat ini. Karena disinyalir keramaian akan menciptakan kriminalitas yang tinggi pula. Salah satu penyebabnya seperti dengan memakai perhiasan yang mencolok dan mengundang perhatian orang lain. Ini merupakan faktor yang mengakibatkan orang kecopetan ataupun dirampok di tempat umum.

 

Apabila membawa sepeda, selalu awasi supaya tidak jauh dari pandangan Anda. Karena kita tidak tahu kejahatan mungkin saja terjadi di sekitar kita. Selain itu, jika membawa tas, letakkan di bagian depan badan Anda. Hal ini agar tidak mudah dijangkau oleh pelaku kejahatan. Selalu jaga dan awasi barang bawaan Anda. Sebab, keamanan barang bawaan menjadi tanggung jawab masing-masing individu. 

 

Meskipun demikian, di lokasi CFD juga telah disediakan tempat istirahat copet. Ini merupakan inovasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta dalam rangka mewujudkan kondisi CFD yang aman dan nyaman. Pendirian tempat istirahat copet, dilatarbelakangi banyaknya aduan dari masyarakat yang mengeluhkan dompetnya hilang saat di lokasi CFD. Kemudian, atas patroli dari petugas ditemukan dompet-dompet yang masih utuh bersama kartu identitasnya, tetapi sudah tidak ada uangnya. Barang-barang tersebut banyak ditemukan di sekitar citywalk area Sriwedari.

 

Kini, pengunjung CFD diimbau untuk tidak khawatir melakukan beragam aktivitasnya di lokasi CFD. Melalui tempat istirahat copet, diyakini akan lebih efektif mengurangi tingkat kehilangan barang akibat kecopetan. Jika mengalami tindak kejahatan jangan segan untuk melaporkannya di posko tempat istirahat copet. Tak hanya itu saja, Dishub dan Satpol PP juga akan mengadakan patroli secara berkala, untuk memastikan kawasan CFD aman. 

 

Untuk itu, ketika ingin ke CFD pastikan untuk membawa barang seperlunya saja. Siapkan sesuai dengan kebutuhan aktivitas yang akan Anda lakukan di lokasi CFD nanti. Bawa uang cash seperlunya saja, agar lebih mudah menyimpannya serta tidak mengundang pelaku kejahatan melakukan aksinya. Yuk, wujudkan CFD aman dan nyaman!

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

27

Visitors today

16

Visits total

425,530

Visitors total

330,780

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta