Pemerintah Kota Surakarta
Berburu Hewan di Pasar Depok Solo
  December 6, 2022 12:30

Bagi beberapa warga Solo dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan Pasar Depok Solo. Pasar yang disebut-sebut sebagai pasar hewan peliharaan terbesar di Asia tenggara (sejak revitalisasi 2012) ini terletak tidak jauh dari Taman Balekambang. Tepatnya berada di Jl. Balekambang Lor, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

 

Pasar Depok Solo menjadi surga tersendiri bagi pecinta burung dan ikan hias, karena terdapat ratusan burung serta berbagai ikan hias dijual di Pasar Depok. Pasar yang buka setiap hari dari jam 06.00 WIB sampai 17.00 WIB ini, memiliki beragam jenis burung yang unik dan bervariasi. Kenari, pleci, mural, cocak rawa, cocak jawa, derkuku merupakan contoh beberapa burung berkicau yang dijual di Pasar Depok Solo. Selain itu juga terdapat burung yang disenangi oleh wisatawan karena keindahan bulunya, seperti parkit, lovebird, nuri, dan sebagainya. 

 

Pasar Depok Solo juga memiliki koleksi ikan hias yang tak kalah banyaknya dari koleksi burung. Berbagai koleksi mulai dari ikan tawar sampai ikan laut siap dimiliki oleh wisatawan. Contoh ikan tawar yang tersedia di Pasar Depok seperti mas koki, guppy, cupang, molly, neon tetra, koi, louhan, arwana, gurami, dan sebagainya. Menyediakan ikan laut juga, seperti clown fish, lion fish, butterfly fish, yellow tang, doctor fish, banggai, hingga blue devil. Sehingga Pasar Depok Solo menjadi tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan, terutama bagi mereka pecinta burung atau kicau mania dan juga bagi pengoleksi ikan hias. 

 

Tidak hanya menjual burung dan ikan hias saja, di Pasar Depok juga menjual beberapa hewan peliharaan lainnya. Dengan jumlah ratusan kios, Pasar Depok  juga menjual berbagai jenis unggas, kucing, anjing, kelinci, hamster, landak mini, iguana dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, banyak warga Solo dan sekitarnya yang pergi ke Pasar Depok untuk membeli hewan peliharaan. 

 

Perlengkapan hewan pun juga tersedia di Pasar Depok Solo, seperti kandang, aksesoris kandang, akuarium, pakan atau makanan hewan, hingga vitamin. Seperti halnya dengan pasar tradisional lainnya, transaksi jual beli di Pasar Depok juga terdapat tawar menawar. Oleh karena itu wisatawan harus cerdik melakukan penawaran sehingga bisa mendapat harga terbaik.

 

Selain sebagai tempat belanja satwa atau hewan peliharaan, Pasar Depok Solo juga sering dijadikan wisata edukasi bagi para siswa dan mahasiswa yang sedang melakukan penelitian. Maka, Pasar Depok Solo menjadi tempat yang disarankan untuk dikunjungi serta wajib dilestarikan keberadaannya. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

19

Visitors today

10

Visits total

425,851

Visitors total

330,975

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta