Pemerintah Kota Surakarta
Berburu Kuliner Khas Solo di Pasar Gedhe
  December 9, 2022 11:45

Pasar Gedhe merupakan salah satu tempat di Solo yang tidak boleh terlewatkan. Letak Pasar Gedhe berada di Jl. Jendral Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.

 

Pasar ini merupakan pasar induk terbesar di Kota Solo. Tidak heran bahwa saat ini Pasar Gedhe menjadi pusat perekonomian bahan-bahan pokok yang selalu ramai. Selain sebagai pusat perekonomian bahan pokok, di Pasar Gedhe juga terdapat aneka pilihan wisata kuliner yang patut untuk dicoba. 

 

Berikut ini wisata kuliner yang dapat dijumpai di Pasar Gedhe, yakni:

  • Es Dawet Selasih

Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung. Kuliner segar perpaduan cendol, tape hijau, tape hitam, selasih, jenang sumsum disiram dengan kuah santan dan diberi gula dan es batu yang nikmat. Kuliner ini cocok dinikmati saat siang hari. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau yaitu Rp 10.000 untuk satu porsi es dawet.

  • Lenjongan

Berlokasi di dalam Pasar Gedhe dan tidak jauh dari pintu utama pasar. Kuliner ini menyuguhkan rasa manis dan nikmat dari Sawut, Tiwul, Ketan Hitam, Kicak, Klepon, dan Gatot yang disiram dengan gula dan diberi parutan kelapa. Buka pukul 07.00 – 14.00 WIB. Seporsi lenjongan dengan aneka pilihan isi ditawarkan dengan harga Rp 5.000.

  • Brambang Asem

Berisi daun ubi yang direbus lalu disiram dengan sambal bercita rasa manis pedas dan dilengkapi dengan tempe gembos yang sudah dimasak bacem. Makanan ini sangat nikmat dan sudah jarang ditemukan. Brambang Asem di Pasar Gede biasa dijual bersamaan dengan penjual lenjongan. Harga yang ditawarkan untuk satu bungkus brambang asem berkisar Rp 5.000

  • Tahok

Merupakan sajian yang dapat menghangatkan tubuh. Kuliner di Pasar Gedhe ini berisi kembang tahu yang halus dan nikmat disiram dengan kuah jahe yang menghangatkan. Satu porsi tahok biasa dibandrol harga Rp 7.000.

  • Nasi Liwet

Selain makanan ringan, di Pasar Gedhe juga terdapat hidangan berat yaitu nasi liwet. Biasa ditemukan di bagian luar pasar dipojok dari deretan kios buah. Nasi liwet menyajikan cita rasa gurih dan nikmat perpaduan nasi dengan aneka lauk khas Kota Solo. Harga seporsi nasi liwet mulai dari Rp 12.000.

  • Tengkleng

Makanan berat lainnya yang bisa dijumpai di Pasar Gedhe yaitu tengkleng. Berisi tulang kambing muda dengan kuah yang penuh rempah. Kuliner yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai menu makan siang. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 30.000.

 

Itu tadi merupakan beberapa kuliner yang dapat dijumpai di Pasar Gedhe. Hidangan manis hingga gurih semua tersedia di Pasar Gedhe. Selain itu harga yang ditawarkan cukup terjangkau sehingga tidak ada salahnya apabila berkunjung ke Kota Solo untuk mampir berwisata kuliner di Pasar Gedhe.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

28

Visitors today

17

Visits total

425,324

Visitors total

330,663

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta