Pemerintah Kota Surakarta
Semarak Perayaan Grebeg Sudiro
  December 15, 2022 12:45

Bagi masyarakat Kota Solo tentu tak asing lagi dengan tradisi Grebeg Sudiro. Ini merupakan perayaan yang menjadi lambang akulturasi masyarakat Tionghoa dan Jawa. Perlu diketahui, bahwa Solo memiliki wilayah yang ditinggali mayoritas warganya merupakan keturunan Tionghoa. Meskipun demikian, toleransi antar umat beragama tetap berjalan di wilayah ini. Salah satu perwujudan toleransi tersebut adalah dengan diadakan Grebeg Sudiro.

 

Acara ini dilakukan di kawasan Pasar Gedhe, dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek di Kota Solo. Perayaan ini identik dengan pernak-pernik khas Tionghoa untuk memeriahkannya. Seperti pemasangan lampion di area Tugu Jam Pasar Gedhe. Serta berbagai patung shio yang dipasang berjajar di sekitarnya. 

 

Setiap tahunnya, Grebeg Sudiro terselenggara dengan meriah. Namun, beberapa tahun terakhir sempat terhambat dengan adanya pandemi Covid-19. Di tahun 2023 nanti, Grebeg Sudiro akan kembali digelar. Berbagai acara pendukung juga turut diadakan sepanjang bulan Januari 2023. Di antaranya umbul mantram, karnaval budaya, wisata perahu hias, bazar potensi, pentas seni, hingga pentas harmoni.

 

Berikut jadwal rangkaian acara Grebeg Sudiro, mengutip dari akun Instagram @grebeg_sudiro:

  • Wisata perahu hias (10-30 Januari 2023)

Pengunjung bisa menyusuri Kali Pepe sambil menikmati suasana gemerlap lampion. Selain itu, ada juga berbagai bentuk lampu LED yang terpasang di pinggiran kali. Sehingga, suasana tampak lebih semarak. 

 

  • Bazar potensi (10-30 Januari 2023)

Untuk mendukung kemeriahan rangkaian acara Grebeg Sudiro, terdapat pula penjual yang menjajakan dagangannya di kawasan tersebut. Seperti beraneka ragam jajanan streetfood sampai mainan anak-anak. 

 

  • Umbul matram (12 Januari 2023)

Mulanya tradisi ini disebut dengan sedekah bumi. Berupa event Kirab Gunungan dan Doa Keselamatan Bangsa yang dilakukan oleh masyarakat Sudiroprajan. Kegiatan digelar di sekitar Buk Teko. 

 

  • Karnaval budaya (15 Januari 2023)

 

  • Pentas seni (16-20 Januari 2023)

Selain menikmati suasana gemerlap lampion dan elemen Imlek lainnya, di lokasi ini juga diadakan acara pentas seni. Para seniman Solo akan bernyanyi dan berdendang untuk menghibur pengunjung yang datang. 

 

  • Pentas harmoni (21 Januari 2023)

Sebagai puncak dari acara Grebeg Sudiro 2023, rencananya akan digelar Pentas Harmoni. Dalam acara tersebut, menampilkan berbagai macam kesenian yang bisa dinikmati pengunjung yang datang.

 

Acara Grebeg Sudiro ini terbuka untuk umum. Baik masyarakat yang berdomisili di Solo, masyarakat sekitarnya, maupun wisatawan yang datang dapat menyaksikan rangkaian acara yang ditampilkan. Meskipun demikian, pengunjung yang datang diimbau untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan begitu, lingkungan tetap bersih dan acara Grebeg Sudiro berjalan dengan lancar. Yuk, ajak orang teman maupun keluarga untuk datang serta menyaksikan gelaran Grebeg Sudiro 2023!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

5

Visitors today

4

Visits total

425,857

Visitors total

330,980

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta