Pemerintah Kota Surakarta
Kegunaan Password Wi-Fi
  December 16, 2022 11:15

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Teknologi menjadi salah satu hal yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan dan aktivitas manusia, termasuk untuk membantu meringankan beban pekerjaan. Peran dari keberadaan teknologi ini yang pada akhirnya membawa manusia masuk ke sebuah era yang serba online, yaitu era digital. Kehadiran dari era ini telah membawa berbagai perubahan serta tantangan tersendiri bagi kehidupan masyarakat.

 

Satu contoh hasil perubahan yang terlahir berkat kemajuan perkembangan teknologi adalah internet. Internet merupakan salah satu bukti pesatnya perkembangan teknologi digital di dunia. Keberadaan internet telah membuat penggunanya seakan hidup dalam ruang dan waktu yang tidak terbatas. Koneksinya yang hampir mencakup seluruh wilayah di dunia telah membuat manusia dapat saling terhubung dalam sebuah jaringan sosial digital. Salah satu sumber jaringan internet nirkabel yang saat ini banyak digunakan oleh kalangan masyarakat adalah Wi-Fi. 

 

Terdapat beberapa alasan yang melatarbelakangi tingginya minat masyarakat dalam menggunakan jaringan Wi-Fi. Selain karena jaringan ini dikembangkan tanpa menggunakan kabel, titik akses Wi-Fi mampu menjangkau sekitar 20 meter pada ruang tertutup dan lebih luas lagi di luar ruangan. Bahkan, jaringan ini juga efektif digunakan di dalam kawasan gedung. Dengan cakupan jaringan yang luas serta performa keamanan yang dapat diandalkan, jaringan Wi-Fi menjadi tren baru di tengah masyarakat.

 

Sayangnya, tidak semua masyarakat mampu mengupayakan penggunaan jaringan Wi-Fi. Hal ini yang pada akhirnya memicu terjadinya beberapa kasus peretasan terhadap jaringan Wi-Fi milik orang lain. Untuk itu, guna menjaga keamanan jaringan Wi-Fi milik pribadi, selalu gunakan password atau kata sandi agar tidak bisa sembarangan diakses oleh orang lain. Pemberian password pada jaringan pribadi juga merupakan sebuah langkah pencegahan terhadap oknum yang tidak bertanggung jawab. 

 

Maka, agar jaringan pribadi kita dapat tetap terjamin dan tidak mudah diretas oleh orang lain, gunakan password yang aman dan tidak mudah tertebak. Password yang aman merupakan password yang sulit dipecahkan orang lain, sehingga dapat menjaga keamanan data dan jaringan kita. 

 

Berikut merupakan beberapa cara dalam membuat password yang baik dan aman:

  1. Panjangnya minimal 12 karakter (semakin panjang semakin baik)
  2. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol khusus
  3. Tidak berpola, misalnya menggunakan kata sandi “password”
  4. Hindari penggunaan jalur keyboard urutan, seperti “qwerty”
  5. Tidak berdasarkan informasi pribadi
  6. Pilih password yang unik. 

Untuk itu, jangan lupa selalu gunakan password yang rumit dan bervariasi. Agar menjaga keamanan Wi-Fi, supaya tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

363

Visitors today

346

Visits total

522,569

Visitors total

416,189

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta