Pemerintah Kota Surakarta
Kawasan Jenderal Sudirman dalam Kemeriahan Agenda Rutin Kota Solo
  December 27, 2022 10:30

Saat Anda berkunjung ke Kota Solo, maka akan menemukan Jalan Jenderal Sudirman. Letaknya tepat berada di tengah kota. Perlu diketahui, bahwa ini merupakan lokasi titik nol dari Kota Solo. Kawasan ini juga menjadi tempat dimana Balaikota Surakarta, lokasi pusat Pemerintahan Kota Surakarta berada. Tak hanya itu saja, masih dalam kawasan yang sama, juga berdiri bangunan bersejarah, seperti Benteng Vastenburg, Pasar Gedhe, hingga bangunan Bank Indonesia tempo dulu. 

 

Mengingat, Jalan Jenderal Sudirman menjadi titik sentrisnya Kota Solo, maka banyak dimanfaatkan untuk acara-acara tertentu. Pada setiap tahunnya, kawasan Jenderal Sudirman menjadi lokasi strategis diadakannya event-event, misalnya peringatan keagamaan. Mulai dari Idulfitri, Imlek, Natal, sampai pagelaran budaya pun juga digelar di lokasi yang sama. 

 

Pada bulan Desember ini, untuk menyambut perayaan Natal, di sekitar Jalan Jenderal Sudirman telah dipasang pohon-pohon Natal yang cantik. Adapun hiasan tersebut merupakan hibah dari gereja-gereja yang ada di kota ini. Masih di sekitar kawasan Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di jembatan Kali Pepe, juga kerap dipasang ornamen-ornamen untuk memeriahkan peringatan hari keagamaan di Kota Solo. Seperti memasang lampion bulat, berbentuk hewan, maupun ornamen lampu-lampu lainnya. 

 

Tempat yang sama pula, biasanya berjajar penjual streetfood, mainan, hingga pernak-pernik khas peringatan hari besar yang sedang terselenggara. Pedagang-pedagang tersebut notabene adalah para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berdomisili di Solo dan sekitarnya. 

 

Akan tetapi, seringkali event yang diadakan di kawasan Jalan Jenderal Sudirman ini menimbulkan kemacetan. Oleh karenanya, masyarakat yang tidak ingin berkunjung ke acara, disarankan untuk mencari jalur alternatif agar tidak menimbulkan penumpukan kendaraan. Di samping itu, terdapat sisi positif dari diadakannya event-event tersebut. Adanya event yang sering digelar di kawasan Jenderal Sudirman ini membuka peluang usaha bagi UMKM untuk menjajakan dagangannya. Dengan rutin diadakan setiap tahun, maka pendapatan daerah pun ikut meningkat. Terutama para pelaku UMKM yang terlibat di dalamnya. 

 

Diharapkan acara-acara peringatan keagamaan dan budaya di sekitar Jalan Sudirman ini dapat terus diadakan. Bahkan lebih baik lagi jika ditambah dengan event lainnya. Supaya dapat terus menghidupkan roda perekonomian masyarakat Kota Solo, khususnya UMKM. Namun, pedagang dan masyarakat yang datang diimbau untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di lokasi. Hal ini dikarenakan untuk merawat lingkungan agar tetap bersih, meskipun di tengah keriuhan event yang sedang terselenggara. 

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

425,986

Visitors total

331,051

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta