Pemerintah Kota Surakarta
Menilik Kemegahan Fasilitas di Masjid Sheikh Zayed Solo
  December 28, 2022 10:45

Masjid Sheikh Zayed merupakan masjid di Kota Solo yang baru saja diresmikan pada tanggal 14 November 2022. Masjid ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Masjid Sheikh Zayed beralamatkan di Jl. Ahmad Yani No.128 Gilingan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57134. Lahan yang digunakan dalam pembangunan masjid ini merupakan bekas Depo Pertamina.

 

Masjid yang memiliki luas 8000 meter persegi ini merupakan replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA. Masjid Sheikh Zayed dibangun dua lantai, dengan dilengkapi empat menara dan satu kubah utama. Totalnya masih ini memiliki 82 kubah yang dihiasi batu pualam putih yang cantik. Secara keseluruhan, masjid dengan nuansa emas dan putih yang menawan ini mampu menampung jamaah hingga 10 ribu. Sedangkan jika hanya bangunan intinya saja diperkirakan mampu menampung sebanyak 4 ribuan orang.

 

Tak hanya bangunan arsitekturnya yang indah dan megah, fasilitas masjid ini juga tak kalah mewahnya. Di Masjid  Sheikh Zayed ini terdapat perpustakaan dengan luas 20 meter persegi,  ruang VIP (Very Important Person), ruang pengelola, taman, basement untuk tempat wudhu pria dan wanita. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga menjadi destinasi wisata religi. Sehingga untuk mendukung tersebut, masjid ini memiliki lahan parkir yang bisa menampung 28 armada bus.  

 

Selain sebagai tempat ibadah dan tempat wisata, masjid ini juga diharapkan bisa menjadi tempat pendidikan dan pengembangan dunia keislaman di Indonesia, bahkan dunia. Oleh karena ini, di sekitar kompleks Masjid Sheikh Zayed akan dibangun Islamic Center yang akan menjadi pusat pendidikan dan pengajaran Islam. Kegiatan-kegiatan yang akan diadakan di Islamic Center, seperti tafsir Al Quran, Taman Pendidikan Al Quran (TPA), dan madrasah. Selain itu Islamic Center juga akan menjadi tempat pengembangan ekonomi syariah dengan produk-produk halal market.

 

Dibangunnya masjid ini sebagai simbol persahabatan negara Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA). Simbol persahabatan pun diperkuat dengan ditanamnya pohon Sala di area masjid oleh kedua kepala negara saat peresmian masjid kemarin. Meskipun memiliki ornamen bangunan khas Timur Tengah, dalam masjid ini juga terdapat sentuhan unsur budaya asli Indonesia. Di beberapa bagian lantai di Masjid Sheikh Zayed terdapat hiasan motif batik, yaitu batik kawung.

 

Masjid Sheikh Zayed merupakan masjid yang spesial dengan arsitektur bangunan yang spesial pula. Oleh karena itu diharapkan warga Solo dan sekitarnya yang mengunjungi masjid ini bisa menjaga dan merawat masjid pemberian Presiden UEA ini dengan baik.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

425,986

Visitors total

331,051

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta