Pemerintah Kota Surakarta
Tengok Kemegahan Dalem Priyosuhartan Eks Rumah Kakorlantas Polri
  January 5, 2023 12:15

Banyak bangunan Kota Solo berdiri dengan mengusung akulturasi dua budaya, yakni arsitektur barat yang berpadu dengan arsitektur asli masyarakat Jawa. Salah satunya adalah Dalem Priyosuhartan yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 70, Bumi, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. 

 

Bangunan ini mulanya merupakan rumah bekas pengusaha batik. Kondisinya rusak dan banyak bagian rumah yang sudah tidak bisa digunakan. Kemudian, pada 14 Desember 2007, rumah tersebut dibeli oleh Eks Rumah Kakorlantas Polri, Djoko Susilo dengan harga mencapai puluhan miliar. Lalu, bangunan dirobohkan dan diperbaiki kembali. Selanjutnya, kepemilikan rumah dipindah tangan dan diganti nama dengan Poppy Femialya, yang merupakan anak dari Djoko Susilo. 

 

Namun, karena kasus korupsi yang menjerat Djoko Susilo, maka rumah tersebut disita oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan diserahkan kepada Pemerintah Kota Surakarta untuk dikelola lebih lanjut. Pada situasi pandemi Covid-19 tahun 2022, rumah tersebut sempat dijadikan untuk lokasi isolasi terpusat. Hal ini merupakan rekomendasi dari Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

 

Jika ditelusuri lebih dalam, Dalem Priyosuhartan merupakan bangunan klasik yang memiliki banyak elemen-elemen menarik. Rumah ini memiliki 3 (tiga) bagian bagunan, pertama berada di tengah yang diapit 2 (dua) bangunan di bagian kanan dan kiri. Lalu, kedua bangunan yang lain disebut juga dengan rumah pendamping. Masing-masing rumah pendamping tersebut juga memiliki kamar yang bisa digunakan untuk beristirahat. 

 

Tak hanya itu saja, perabot di dalamnya pun tak kalah menarik. Banyak terdapat barang-barang antik, seperti lemari, guci, ranjang, kursi, lampu gantung, hingga gebyog yang membuat susunan rumah ini terlihat nampak klasik. Bangunan ini ditutup dengan tembok yang menjulang tinggi, dengan pintu kayu. Sehingga, menambah kemegahan bangunan itu sendiri. Selain itu, adanya halaman luas dengan dipenuhi tanaman yang tumbuh di sekitarnya menciptakan suasana asri di dalam Dalem Priyosuhartan.

 

Akan tetapi, saat ini tempat tersebut belum dibuka secara umum. Penggunaan bangunan diperbolehkan hanya jika mendapat persetujuan dari Pemerintah Kota Surakarta sendiri. Meskipun demikian, lokasi Dalem Priyosuhartan berada di pinggir jalan, yangmana masih di sekitar pusat Kota Solo. Jika melaju di Jalan Perintis Kemerdekaan, kamu akan menemukan tembok tinggi nan megah, yang merupakan tembok penutup rumah ini. Yuk, jelajah Kota Solo dan temukan dimana lokasi Dalem Priyosuhartan!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

42

Visitors today

20

Visits total

425,575

Visitors total

330,803

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta