Pemerintah Kota Surakarta
Mengapa Seseorang Mudah Mengantuk?
  January 28, 2023 11:15

Mengantuk merupakan kondisi normal yang dialami oleh setiap orang. Namun jika kantuk datang terus menerus maka bisa mengganggu aktivitas yang sedang dikerjakan oleh orang tersebut. Selain bisa memecah fokus, kantuk yang tak tertahankan bisa membuat seseorang tertidur yang akhirnya bisa menghambat pekerjaan seseorang.

Seseorang yang mengalami keluhan mudah mengantuk bisa disebabkan oleh berbagai faktor, tidak hanya dikarenakan oleh kurang istirahat saja. Berikut beberapa penyebab seseorang mudah mengantuk.

  • Pola tidur berantakan

Seseorang yang memiliki pola tidur yang berantakan atau berubah-ubah bisa menyebabkan gangguan irama tubuh. Gangguan tersebut menyebabkan datangnya kantuk yang berlebih, dikarenakan ketidakmampuan tubuh untuk beradaptasi dengan pola tidur yang berubah-ubah.

  • Adanya gangguan tidur

Beberapa gangguan tidur bisa menyebabkan keluhan mudah mengantuk. Misalnya OSA (Obstructive Sleep Apnea) dan Hipersomnia. OSA merupakan gangguan adanya hambatan aliran udara saat tidur. OSA akan menyebabkan kualitas tidur buruk,sehingga menyebabkan mudah mengantuk. Sedangkan Hipersomnia merupakan kondisi di mana seseorang membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dibanding waktu tidur normal. Hipersomnia akan menyebabkan keluhan kantuk berlebih.

  • Masalah kejiwaan

Mudah mengantuk juga bisa disebabkan oleh masalah kejiwaan. Seseorang yang mengalami depresi atau stres berat bisa mengeluhkan kantuk berlebih. Masalah sederhana lainnya, saat bosan dan kelelahan, kantuk juga mudah menyerang.

  • Kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi media yang bisa menyebabkan mudah mengantuk adalah diabetes, kelainan hormon, dan gangguan elektrolit (seperti kelebihan natrium dan kalsium).

Tidur yang cukup bisa menjadi solusi dari mengatasi perasaan mudah mengantuk. Namu, jika keluhan mudah mengantuk masih terus dirasakan setiap harinya maka perlu dilakukan upaya lain dalam mengatasi keluhan tersebut. Berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan.

  • Mengembalikan pola tidur

Upaya yang pertama kali bisa dilakukan adalah memaksakan pola tidur yang benar. Jadwalkan tidur selama 6-7 jam, usahakan untuk beranjak tidur tidak lebih dari jam 10 malam dan bangun sebelum fajar terbit.

  • Rutin berolahraga

Rutin olahraga akan membuat metabolisme tubuh seimbang, sistem hormonal pun akan normal, dan otak akan bekerja secara optimal.

  • Mengonsumsi makanan yang bergizi

Makanan dengan gizi baik akan membuat susunan kimia otak menjadi seimbang, sehingga rasa kantuk yang datang tidak berlebih atau sewajarnya saja.

  • Konsultasi dengan dokter

Apabila ketiga upaya tersebut sudah dijalankan namun tidak bisa bekerja secara optimal, sebaiknya kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Jika Anda mengalami keluhan mudah mengantuk, coba kenali apa penyebabnya dan mulailah untuk melakukan antisipasi. Jangan sampai keluhan ini mengganggu aktivitas sehari-hari Anda atau bahkan menjadi sesuatu yang lebih serius. Jangan lupa untuk selalu hati-hati jika kantuk datang di saat Anda sedang melakukan aktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,061

Visitors total

329,916

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta