Pemerintah Kota Surakarta
Nggak Usah Bingung Pilih Lokasi Parkir Bus ke Masjid Sheikh Zayed, Ini Lokasinya!
  March 20, 2023 12:15

Seiring dengan mulai dibukanya Masjid Sheikh Zayed sejak 1 Maret 2023 bagi pengunjung, kunjungan makin bertambah ramai. Destinasi wisata religi ini menjadi magnet bagi warga luar kota untuk melihat keindahan dan kemegahan masjid tersebut. 

Lahan parkir untuk menampung kendaraan pribadi roda empat dan bus-bus menjadi persoalan yang perlu dipecahkan. Menyadari hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta berupaya semaksimal mungkin untuk menjamin ketersediaan lahan parkir, sekaligus bertanggungjawab terhadap kenyamanan pengunjung. 

Pengunjung dari arah barat yang melintasi Jalan Ahmad Yani, akan terhambat oleh revitalisasi Viaduk Gilingan, untuk itu areal parkir bisa memanfaatkan Terminal Tirtonadi. 

Alternatif lahan parkir mulai disediakan sebagai bentuk pelayanan, agar pengunjung bisa nyaman memarkirkan kendaraan dan bus-bus pariwisata juga berparkir dengan leluasa. Pemkot Surakarta melalui Dinas Perhubungan memasang petunjuk lokasi parkir yang bisa dimanfaatkan bagi bus-bus, seperti yang terpasang di Tugu Keris Jembatan Gilingan. Pemberitahuan tersebut juga terpasang di beberapa titik lain di beberapa kawasan di Solo. Berikut alternatif lahan parkir bus yang disarankan oleh Pemkot Surakarta:

  1. Terminal Tirtonadi
  2. Pedaringan
  3. Solo Technopark
  4. Beteng Vastenburg
  5. Thiong Ting

Lokasi parkir ini di Terminal Tirtonadi disediakan bagi bus-bus yang datang dari arah barat dan utara. Sementara lokasi di Pedaringan, Solo Technopark dan Thiong Ting bisa menampung bus-bus dari arah timur, utara dan selatan. Sementara lokasi parkir di Beteng Vastenburg memungkinkan untuk bus-bus yang datang dari arah selatan, timur dan barat. 

Pemkot menyediakan shuttle bus bagi pengunjung Masjid Sheikh Zayed yang turun di beberapa lokasi parkir yang disiapkan. Untuk kendaraan pribadi juga disiapkan kantong parkir di Pura Mangkunegaran. 

Areal yang disediakan itu guna menghindari kemacetan di depan areal masjid dan biasanya juga meluber ke sekitar Pasar Ngemplak. Banyaknya bus-bus yang terparkir di kawasan Pasar Ngemplak tentu bisa mengganggu kelancaran pengguna jalan. 

Sejak subuh, Masjid Sheikh Zayed sudah bisa digunakan untuk salat. Keindahan lampu-lampu biru dan kuning semakin menambah kemegahan masjid, terutama bagi pengunjung yang memanfaatkan waktu salat magrib. 

Jadi nggak perlu ragu kunjungi Masjid Sheikh Zayed Solo ya. Tak hanya bisa beribadah, namun kalian juga bisa review semua yang ada di luar dan dalam masjid ke akun media sosialmu. Begitu banyak keindahan yang bisa kalian eksplore dan bisa bagikan hasil konten kreatifmu ke teman-teman dan kerabat kalian. Ditunggu ya kehadirannya di Kota Solo. See u

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,984

Visitors total

331,050

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta