Pemerintah Kota Surakarta
Mau Spot Ngabuburit yang Keren? Cuss…Segera Meluncur ke Kampung Ramadan 2023 di Balai Kota Surakarta, Berbagai Takjil Sudah Siap Menunggumu
  April 9, 2023 10:15

Makin mendekati senja, suara azan magrib mulai terdengar. Tampak sebagian besar orang terlihat berkerumun mengantre minuman dan makanan yang akan disantap untuk berbuka puasa. Ada sebagian anak muda yang sudah mendapatkan takjil di salah satu stand, lalu memilih mencari tempat untuk menyantapnya di bawah pohon besar. 

 

Begitulah suasana yang terlihat setiap hari di Plaza Balai Kota Surakarta. Sepanjang Bulan Ramadan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menyediakan berbagai takjil untuk berbuka puasa di Kampung Ramadan 2023 yang dikemas dalam event Ramadan Light Festival 2023. Event yang berlangsung full sebulan itu atau selama bulan puasa. 

 

Menghabiskan senja menunggu waktu berbuka atau ngabuburit, merupakan momen yang paling ditunggu anak-anak muda di Kota Solo. Mereka nggak khawatir mendapatkan takjil sebagai menu untuk berbuka puasa. Di Kampung Ramadan yang disiapkan di sisi utara, tersedia puluhan booth atau stan berbagai makanan dan minuman. 

 

Menunya nggak kalah menarik, ada mendoan, tahu gejrot, es dawet, es teh, kue basah dan berbagai jenis makanan dan minuman lainnya. Begitu buka, anak-anak muda sudah ramai berkumpul di Plaza Balai Kota Surakarta. Event tersebut, juga dimanfaatkan pedagang kaki lima dengan menyediakan aneka jajanan yang digelar di sekitar Plaza Balai Kota hingga di sekitar Jembatan Kali Pepe. 

 

Terus kalau sudah dapat menu untuk berbuka puasa, kemana dong kalau ingin menyantapnya. Nggak usah khawatir, seluruh kompleks Balai Kota Surakarta, terbuka untuk kalian yang ingin membatalkan puasanya dengan menu berbuka yang sudah di ada di tangan kalian. 

 

Tampak segerombolan anak muda memanfaatkan pelataran Joglo Balai Kota untuk menyantap menu berbuka sekaligus menyeruput minuman mereka. Ada yang asyik mengobrol, ada pula yang asyik mengunggah foto dan video untuk akun sosial media. Sementara di salah satu sudut, ada satu keluarga muda dengan seorang anak, juga menikmati berbuka di pelataran joglo. 

 

Sementara sebagian warga ada yang memanfaatkan duduk lesehan di pelataran Plaza Balai Kota. Yang di tempat ini juga nggak kalah serunya menikmati buka bersama. Mereka saling berbagi cerita tentang banyak hal. Sekelompok anak muda terdengar terbawa terbahak, ketika membahas dunia studinya di kampus. 

 

Ditemani dengan gemerlap lampu-lampu kecil yang bergelantung di bawah pohon beringin, view yang terlihat tampak indah. Gadget yang ada di tangan mereka nggak pernah berhenti mengarahkan kamera Ponselnya ke berbagai arah. Gadis muda berhijab, sibuk membuat vlog videonya menceritakan apa yang sedang dilakukannya menghabiskan waktu berbuka puasa di Plaza Balai Kota. Dia menggandeng seorang temannya yang juga berhijab, berbagi cerita di depan kamera Ponsel. 

 

Sementara beberapa warga juga menikmati saat berbuka di areal Masjid Baitul Hikmah yang berada di sisi selatan Balai Kota Surakarta. Masjid tersebut masih satu kompleks dengan kawasan Balai Kota. Salah satu alasan mereka memilih berbuka puasa di dekat masjid, sebab akan memudahkan untuk menjalankan salat usai berbuka puasa. 

 

Replika Masjid Raya Sheikh Zayed yang dipasang di Plaza Balai Kota Surakarta, juga menjadi spot paling favorit untuk berfoto dan bervideo. Masjid Raya Sheikh Zayed, yang kini menjadi ikon baru Kota Surakarta itu, replikanya memang sangat indah dan menarik. Sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja, maka banyak warga yang memanfaatkan berswafoto berkali-kali. 

 

Nah sore ini, mau kemana agenda ngabuburit kalian? Segera saja datang ke Plaza Balai Kota, dan nikmati keseruan berbuka puasa di Kampung Ramadan 2023, yang bisa kalian temui setiap hari. Jangan lupa, unggah foto dan video paling kerenmu ke sosial media kalian.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

3

Visitors today

2

Visits total

425,860

Visitors total

330,982

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta