Pemerintah Kota Surakarta
Berburu Kurma di Kawasan Pasar Kliwon, Asyik Dijadikan Berbagai Olahan Kurma yang Rasanya Nendang
  April 25, 2023 10:30

Kurma menjadi buah yang selalu disajikan setiap Bulan Ramadan. Di Solo sentra penjualan krma banyak ditemui di kawasan Pasar Kliwon, tidak jauh dari Masjid Ar Riyadh dan Masjid Jami’Assegaf.

 

Kawasan yang dikenal sebagai Kampung Arab itu, banyak ditemui penjual kurma dengan berbagai kualitas. Kurma yang memiliki rasa manis ini, memang banyak diburu orang, terutama sebagai takjil berbuka puasa. Namun tidak sedikit yang mengonsumsi kurma di luar Bulan Ramadan.

 

Kawasan Pasar Kliwon yang menjadi destinasi wisata religi, setiap pengunjung banyak yang memanfaatkan membeli kurma sebagai oleh-oleh. Ada yang dikonsumsi langsung, ada pula yang membuat olahan makanan atau minuman dengan bahan kurma.

 

Berbagai olahan ini sangat gampang dan bisa dibuat sendiri di rumah bersama keluarga selama kalian liburan Lebaran di Solo.

 

  1. Jus kurma

 

Di udara yang gerah, minum jus sungguh sangat menyegarkan. Kurma yang sudah kalian beli, bisa kalian jadikan jus kurma. Karena buah kurma sudah manis, tinggal tambahkan sedikit air putih,  madu atau kental manis dan es batu. Tuangkan ke dalam gelas besar dan beri sedotan, Buat beberapa gelas, supaya kamu dan keluargamu juga bisa menikmatinya.

 

  1. Kurma goreng tepung 

 

Mudah banget membuat kurma goreng tepung yang bisa kalian gunakan untuk camilan sore. Buah kurma yang sudah disiapkan, baluri dengan tepung kering lalu goreng hingga warna kuning keemasan. Angkat ke dalam piring kecil, sajikan di tengah-tengah suasana santai keluarga.

 

Siapa sangka bahwa kurma juga bisa dijadikan gorengan. Kurma goreng tepung bisa disajikan sebagai menu takjil saat buka puasa.  Resep kurma goreng tepung cukup sederhana. Cukup balut kurma dengan tepung basah dan tepung kering, lalu goreng hingga keemasan. 

 

  1. Puding kurma 

 

Seperti membuat puding pada umumnya, kurma yang rasanya manis juga cocok untuk kalian kreasikan menjadi puding. Bila sudah jadi puding, siramkan susu cair ke dalam mangkok yang sudah kalian isi dengan puding kurma. Tambahkan es batu supaya kesegarannya makin terasa.

 

  1. Lumpia Kurma

 

Kalian coba membeli kulit lumpia, siapkan bersama buah kurma yang sudah dipotong kecil-kecil. Kalau ada cokelat lebih enak lagi dan tambahkan cokelat, keju atau bisa juga selai kacang yang gurih manis. Isian ini terserah kalian, sesuai selera kalian. Olesi bagian pinggir lumpia yang telah diberi isian dengan campuran tepung terigu dan air, lalu lipat membentuk persegi panjang. Panaskan minyak, goreng hingga warnanya kuning keemasan, tiriskan lalu camilan ini siap untuk disantap.

 

  1. Selai Kurma

 

Pisahkan daging buah kurma dari bijinya, lalu blender hingga halus. Masukkan buah kurma dan semua bahan lain ke dalam wajan anti lengket, kemudian masak sampai mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api lalu aduk terus selama 25 menit hingga tekstur selai kurma mengental. Angkat dan sisihkan. Setelah dingin, pindahkan selai kurma ke dalam jar. Selai kurma pun siap untuk dinikmati. Selai kurma sebagai teman isian roti tawar juga mantap, apalagi sebagai bekal kalian jalan-jalan ke luar kota selama liburan Lebaran.

 

Semua olahan buah kurma bisa kalian coba di rumah. Nggak hanya menikmati hasil olahannya, namun keseruan proses pembuatannya juga asyik untuk mengisi waktu liburanmu

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,384

Visitors total

330,700

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta