Pemerintah Kota Surakarta
Semakin Pesatnya Kemajuan Teknologi AI, Bisakah AI Memudahkan Pekerjaan?
  June 3, 2023 10:15

Akhir-akhir ini di media sosial marak akan video cover lagu dengan tiruan suara orang lain. Tahukah Anda, bahwa video cover tersebut merupakan hasil dari kemajuan teknologi AI atau Artificial Intelligence. Menurut Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah, Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) merupakan sistem yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat bekerja, berpikir ataupun bertindak seperti mempunyai intelijensi manusia. 

 

Kemajuan teknologi Artificial Intelligence ini dapat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Selain platform pengubah suara, terdapat perangkat atau platform berbasis AI lainnya yang dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. ChatGPT (Chat Generative Pre-Trained Transformer)

ChatGPT merupakan Artificial Intelligence berbasis teks yang dirilis oleh OpenAI. Bentuk ChatGPT ini seperti percakapan biasa, di mana Anda bisa bertanya tentang hal apapun dan ChatGPT akan memberikan jawabannya. ChatGPT bisa Anda gunakan untuk mencari ide, mencari referensi penulisan, atau mencari inspirasi dalam hal apapun.

 

  1. Synthesia.io

Platform ini dapat membantu Anda membuat video animasi berdasarkan script yang telah Anda buat, lengkap dengan talent-nya. Synthesia.io ini cocok untuk content creator atau sosial media specialist, karena dapat untuk membuat video promosi, iklan, atau konten media sosial. 

 

  1. Adobe Podcast

Platform satu ini bisa membantu meningkatkan kualitas audio, dengan menghilangkan kebisingan, meningkatkan kejernihan, dan mempertajam artikulasi. Sehingga audio Anda yang awalnya tidak terlalu terdengar dengan jelas karena terlalu bising bisa menjadi lebih jernih dan lebih enak didengar.

 

  1. Voicify.ai

Platform berbasis AI ini memiliki fitur utama untuk mengolah data audio menjadi audio baru dengan karakter suara berbeda sesuai dengan karakter suara model yang dipilih. Cara penggunaan platform pun mudah, Anda hanya perlu mengunggah file audio atau menyisipkan link Youtube audio yang diinginkan. 

 

Teknologi Artificial Intelligence memang canggih, oleh karena itu teknologi ini bisa menjadi pembantu dan pendukung Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Bukan sebagai pengganti! 

 

Mari manfaatkan teknologi AI secara bijak untuk membantu kita lebih berkembang. Jangan gunakan teknologi AI ini untuk melakukan hal buruk atau kejahatan, ya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

13

Visitors today

10

Visits total

427,335

Visitors total

331,904

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta