Pemerintah Kota Surakarta
Buat Produk UMKM Lebih Menarik dengan 4 Aplikasi Desain Grafis Gratis Berikut Ini!
  June 8, 2023 11:15

Saat Anda melihat suatu produk, yang pertama kali menjadi fokus daya tarik Anda pasti desainnya bukan? Entah desain logo, label kemasan, maupun desain produk itu sendiri.

 

Desain dalam suatu produk merupakan hal yang penting dan bisa menjadi kunci kesuksesan produk dalam menjelajah pasar. Desain produk yang menarik bisa mencuri perhatian calon konsumen, sehingga bisa membangkitkan minat dan keinginan calon konsumen untuk membeli produk tersebut. Selain itu, desain yang baik juga bisa bisa memberikan nilai lebih pada produk dan bisa membangun citra merek.

 

Nah, untuk itu penting bagi Anda, selaku pelaku UMKM untuk memperhatikan desain produk Anda. Berikut terdapat empat rekomendasi aplikasi desain yang mudah digunakan, serta pastinya dapat membantu menunjang desain produk Anda agar semakin menarik.

  1. Canva

Canva merupakan salah satu platform desain yang populer karena penggunaannya yang mudah dan tersedianya ribuan template yang bisa langsung digunakan. Selain template, di Canva juga terdapat ratusan gambar, elemen, dan font yang bisa digunakan secara gratis. Untuk itu, Anda bisa mendesain logo, label kemasan, desain produk, hingga desain konten untuk sosial media dengan mudah.  Anda bisa mengakses Canva melalui aplikasi atau website di smartphone dan juga di Personal Computer (PC) atau laptop.

 2. Snappa

Snappa merupakan platform desain yang menyediakan banyak template desain yang bisa Anda gunakan. Anda bisa mengakses secara online melalui web browser dari Snappa. Di Snappa Anda bisa menambahkan foto dan font-type sendiri. Fitur-fitur di Snappa tidaklah ribet, sehingga cocok bagi pemula.

 3. Hatchful

Hatchful merupakan platform desain yang bisa membantu Anda membuat logo produk dengan mudah. Di awal, Anda akan mendapatkan berbagai pertanyaan seputar bisnis Anda. Dari pertanyaan tersebut Anda akan mendapatkan rekomendasi template yang sekiranya cocok untuk bisnis Anda. Anda dapat mengakses Hatchful melalui website dan juga aplikasi smartphone.

 4. Looka

Platform desain logo lainnya yang bisa Anda gunakan adalah Looka. Looka merupakan platform yang menawarkan kecerdasan Artificial Intelligence (AI) yang dapat membantu Anda membuat logo dalam waktu sekejap. Looka juga bisa memperlihatkan hasil jadi logo UMKM pada berbagai mockup model rancangan yang tersedia. Aplikasi ini akan sangat membantu Anda yang merupakan pemula pelaku UMKM dan pemula dalam hal desain.

Dengan empat aplikasi tersebut dapat membantu Anda mengembangkan UMKM Anda dalam segi desain produk. Desain produk yang unik dan menarik dapat memudahkan konsumen untuk mengingat produk Anda, sehingga produk Anda tidak akan terlupakan begitu saja. 

Jadi, jangan lupa untuk mencoba mendesain produk dengan empat aplikasi di atas ya. Desain produk Anda sebaik mungkin dan berikan pengalaman tak terlupakan untuk konsumen.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

27

Visitors today

15

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta