Pemerintah Kota Surakarta
Jadikan Rumah Makin Asri dengan Tanaman Hias yang Mampu Mengurangi Polusi Udara
  June 10, 2023 10:15

Polusi udara merupakan suatu ancaman yang tak terlihat namun nyata dampaknya. Sampai saat ini, polusi udara masih menjadi permasalahan yang dikhawatirkan dan perlu diperhatikan. 

Di tengah-tengah kekhawatiran akan dampak lebih lanjut dari polusi udara, terdapat sebuah solusi yang bisa kita laksanakan bersama. Yaitu menanam tanaman hias. Selain bisa menambah estetika suatu ruangan, tanaman hias juga memiliki manfaat untuk membersihkan udara yang kita hirup setiap harinya. Sehingga tanaman hias bisa membantu mengurangi polusi udara di sekitar kita. 

Berikut enam rekomendasi tanaman hias yang mampu mengurangi polusi udara berdasarkan laman Halodoc.

  1. Tanaman Ivy

Tanaman Ivy memiliki daun lebar yang memiliki peran dalam memperbaiki kualitas udara. Tanaman ini mampu memompa oksigen dalam jumlah yang banyak ke atmosfer, sehingga bisa menyegarkan udara di sekitarnya.

  2. Tanaman Karet

Permukaan daunnya yang lebar membuat tanaman ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi udara bersih. Di mana permukaan daun tanaman karet yang lebar tersebut berperan sebagai spons yang mampu menyerap bahan kimia berbahaya dan kemudian memecahnya. Selain itu, tanaman karet terbukti bisa menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen yang baik untuk kesehatan.

  3. Pakis Boston

Pakis Boston bisa menjadi filter udara alami dan juga bisa mengembalikan kelembapan alami ke udara. Sehingga tanaman ini dianjurkan untuk dimiliki bagi orang yang memiliki kulit kering dan memiliki hidung atau tenggorokan yang sensitif pada udara lembap.

  4. Lidah Buaya 

Lidah buaya selama ini dikenal efektif untuk mengurangi sengatan matahari maupun untuk kondisi kulit sensitif. Namun ternyata, tanaman lidah buaya juga memiliki manfaat sebagai pembersih udara alami yang bisa mengurangi bahan kimia beracun.

  5. Peace Lily

Tanaman cantik ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan hingga 60 persen. Tanaman ini efektif dalam menyerap spora jamur dengan menjadikannya sebagai makanan. Peace Lily juga bermanfaat untuk area dengan tingkat kelembapan tinggi, seperti kamar mandi. 

  6. Dracaena

Kemampuannya dalam menghilangkan formaldehida, benzena, trikloroetilen, dan karbon dioksida, yang mana merupakan bahan yang berkaitan dengan masalah kesehatan, menjadikan tanaman ini sebagai salah satu filter udara yang efektif. Tanaman dracaena juga memiliki kecenderungan untuk meningkatkan kelembapan ruangan, yang pada akhirnya membantu mengontrol gangguan pernapasan.

Di antara enam tanaman tersebut, manakah tanaman favorit Anda? Jika Anda ingin memiliki tanaman hias untuk suatu ruangan, enam tanaman tersebut bisa menjadi pilihan Anda. Selain membuat rumah lebih asri, tanaman-tanaman tersebut juga mampu mengurangi polusi udara, sehingga kualitas udara dalam sekitar Anda akan menjadi lebih baik.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,858

Visitors total

330,981

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta