Pemerintah Kota Surakarta
Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Musim Hujan: Kenali dan Terapkan!
  November 16, 2023 11:15

Musim hujan seringkali membuat aktivitas berkendara menjadi lebih berisiko dan membutuhkan kewaspadaan ekstra. Untuk memastikan perjalanan Kalian tetap aman dan nyaman, berikut adalah beberapa tips yang patut Kalian perhatikan:

Periksa Lampu Kendaraan Kalian

Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik. Lampu yang menyala membantu Kalian melihat jalan dengan jelas, terutama dalam kondisi hujan. Nyalakan lampu utama meskipun siang hari dan hujan rintik-rintik untuk memudahkan pengendara lain melihat kendaraan Kalian.

Perhatikan Kondisi Ban

Rutin periksa tekanan udara dan kedalaman alur ban minimal seminggu sekali. Ban dengan tekanan yang cukup dan alur yang dalam dapat mencegah aquaplaning (melayang di atas air) dan slip saat hujan. Jangan mengambil risiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis.

Perawatan Kontrol Utama Kendaraan

Pastikan kemudi, pedal rem, gas, dan kopling dalam kondisi baik. Berikan perawatan ekstra pada musim hujan untuk mengantisipasi keadaan darurat atau kesalahan pengemudi lain yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Pilih Alas Kaki dan Jas Hujan yang Tepat

Gunakan alas kaki yang tidak licin dan tahan air. Persiapkan juga jas hujan berbentuk baju dan celana yang aman untuk berkendara, terutama bagi pengendara motor. Jas hujan semacam ini lebih aman dibandingkan dengan ponco biasa.

Kurangi Kecepatan Berkendara

Saat hujan, permukaan jalan menjadi licin karena campuran oli dan air. Kurangi kecepatan berkendara untuk menghindari slip. Mengemudikan kendaraan dengan kecepatan rendah membuat alur ban lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal, meningkatkan daya cengkram ban.

Jaga Jarak Aman

Pastikan Kalian menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Pada saat hujan, jarak pengereman yang aman membutuhkan jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan kondisi jalan kering.

Hindari Genangan Air Tanpa Keterangan

Jangan sembarang menerobos genangan air karena Kalian tidak tahu kedalamannya. Hal ini dapat menyebabkan kendaraan mogok atau terjebak dalam lubang yang tersembunyi di dalam genangan air.

Tindakan Saat Kendaraan Terjebak Banjir

Jika kendaraan Kalian terjebak dalam banjir dan mogok karena air masuk ke saluran pembuangan gas, jangan hidupkan mesin kembali. Dorong kendaraan ke tempat yang aman. Hindari menyalakan mesin karena ada risiko korsleting yang bisa menyebabkan kebakaran.

Informasi dan Bantuan

Jika Kalian menemui genangan air atau keadaan darurat lainnya seperti pohon tumbang, hubungi melalui WhatsApp di nomor 08112649289, mengikuti akun Instagram @bpbdkotasolo, menghubungi Call Center 112, untuk mendapatkan bantuan.

Dengan mematuhi tips di atas, Kalian dapat menjalani perjalanan berkendara dengan aman dan nyaman bahkan saat musim hujan. Selalu prioritaskan keselamatan dan jaga kehati-hatian selama berkendara di jalan raya!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

17

Visitors today

15

Visits total

425,201

Visitors total

330,588

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta