Pemerintah Kota Surakarta
Pentingnya Menanam Pohon di Sekitar Rumah: Membangun Lingkungan yang Sehat dan Damai
  November 21, 2023 11:30

Pohon bukan hanya elemen dekoratif semata, namun juga menjadi kebutuhan bagi lingkungan yang sehat dan sejuk. Saat ini, dengan lahan yang cukup di sekitar rumah, menanam pohon bukanlah ide yang buruk. Bahkan, hal tersebut bisa memberikan berbagai manfaat yang tak terduga. Dalam tips ini, kita akan membahas mengapa menanam pohon di sekitar rumah adalah tindakan bijak yang tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga bagi kesehatan fisik dan mental kita.

  1. Mengurangi Polusi Udara dan Menghijaukan Bumi

Menanam pohon merupakan langkah kecil namun signifikan dalam mengatasi masalah polusi udara. Pohon memiliki kemampuan alami untuk menyerap gas polutan seperti nitrogen oksida, ozon, amonia, dan sulfur dioksida dari udara yang kita hirup. Selain itu, mereka juga berperan sebagai penyaring, menangkap partikel-partikel kecil yang bisa membahayakan kesehatan pernapasan kita. Dengan menanam pohon, kita tidak hanya membantu mengurangi polusi udara, tetapi juga ikut berkontribusi dalam mempertahankan keberlangsungan hidup bumi.

  1. Menyejukkan Rumah di Musim Panas

Musim panas yang terik sering membuat kita bergantung pada AC untuk menciptakan kesejukan di dalam rumah. Namun, dengan menanam pohon di sekitar rumah, kita bisa menciptakan kesejukan secara alami. Pohon memberikan naungan yang efektif, menghalangi sinar matahari berlebih dan panas agar tidak masuk ke dalam rumah. Hasilnya, rumah terasa lebih sejuk dan nyaman tanpa perlu mengonsumsi energi berlebih dari AC. Selain itu, pohon juga dapat melindungi unit AC dari paparan langsung sinar matahari, membuatnya bekerja lebih efisien dan mengurangi biaya listrik rumah tangga.

  1. Meredam Kebisingan dan Meningkatkan Ketenangan

Hidup di lingkungan yang bising dapat mengganggu kesehatan mental dan membuat kita sulit beristirahat. Menanam pohon di sekitar rumah dapat meredam kebisingan dari luar, menciptakan suasana yang lebih tenang dan damai di dalam rumah. Penghalang suara alami ini membantu kita untuk lebih menikmati waktu di pekarangan rumah tanpa terganggu oleh suara-suara bising dari luar. Dengan demikian, rumah bukan hanya menjadi tempat tinggal, tetapi juga tempat perlindungan dan ketenangan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental

Studi telah menunjukkan bahwa berada di dekat alam, termasuk pepohonan, dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi stres. Terutama pada anak-anak, keberadaan pohon di sekitar rumah dapat membantu mengurangi gejala attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) dan meningkatkan konsentrasi. Selain itu, berada di halaman yang hijau dan sejuk dapat meningkatkan energi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Dengan menanam pohon di sekitar rumah, kita memberikan diri kita dan keluarga kesempatan untuk menikmati manfaat kesehatan mental dan fisik ini tanpa perlu pergi jauh-jauh mencarinya.

  1. Mencegah Banjir dan Mengurangi Dampak Ekonomi

Banjir adalah bencana alam yang dapat merusak rumah dan harta benda kita. Menanam pohon di sekitar rumah dapat membantu mencegah banjir dengan dua cara. Pertama, pohon dapat berfungsi sebagai penghalang alami yang memperlambat aliran air hujan menuju rumah. Kedua, akar pohon memiliki kemampuan menyerap air dalam jumlah besar, mengurangi risiko kelebihan air yang membanjiri rumah kita. Dengan demikian, tindakan sederhana menanam pohon tidak hanya melindungi rumah dari bahaya banjir, tetapi juga mengurangi dampak ekonomi yang timbul akibat kerusakan yang disebabkan oleh banjir.

Dengan memahami manfaat menanam pohon di sekitar rumah, kita dapat membuat keputusan yang bijak untuk menghijaukan lingkungan sekitar kita. Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk generasi mendatang. Mari bersama-sama menciptakan lingkungan yang sehat, damai, dan lestari dengan menanam pohon di halaman rumah kita. Dengan begitu, kita tidak hanya menciptakan keindahan visual, tetapi juga memberikan dampak positif yang nyata bagi lingkungan dan kesehatan kita.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,984

Visitors total

331,050

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta