Pemerintah Kota Surakarta
Budaya Membaca di Era Digital: Membentuk Pondasi Emas bagi Generasi Penerus
  December 18, 2023 11:15

Keterampilan membaca dan menulis, dalam satu kata: literasi, menjadi pondasi utama dalam pembentukan intelektualitas individu. Namun, di era digital ini, kecenderungan masyarakat lebih terampil dalam membaca daripada menulis menjadi fenomena yang tidak dapat diabaikan. Inilah mengapa mengakar budaya membaca, terutama di usia dini, menjadi hal yang krusial.

Anak-anak pada periode keemasan mereka, usia nol hingga enam tahun, mengalami perkembangan luar biasa. Kebiasaan membaca yang ditanamkan pada masa inilah yang akan membentuk perilaku literasi di masa depan. Bagaimana teknologi, terutama gadget, memengaruhi mereka?

Dalam kenyataannya, kemajuan teknologi digital memberikan pengaruh besar, terutama pada anak-anak. Kecanduan gadget, seperti yang pernah terjadi pada seorang anak yang terganggu sarafnya karena bermain game secara berlebihan, adalah gambaran nyata dari dampak negatif yang mungkin terjadi.

Orang tua memiliki peran krusial dalam menanamkan budaya literasi kepada anak usia dini. Menghadirkan buku-buku menarik dengan gambar yang dapat dipahami anak, serta menerapkan metode mendongeng, menjadi langkah awal yang sangat efektif.

Menerapkan budaya membaca di tengah arus informasi digital yang semakin deras menjadi tantangan tersendiri. Namun, literasi digital juga tak kalah pentingnya. Ini bukan hanya soal kemampuan menggunakan teknologi, tetapi juga kemampuan bersosialisasi, berpikir kritis, dan kreatif. UNESCO menjelaskan bahwa literasi digital adalah keterampilan hidup yang komprehensif.

Di Indonesia, literasi digital sedang mengalami peningkatan. Namun, tetap diperlukan upaya lebih lanjut agar masyarakat dapat menjadi lebih cerdas dalam menyikapi informasi digital, menghindari hoaks, dan menjadi lebih selektif dalam konsumsi informasi.

Peran orang tua, guru, dan lingkungan sekitar sangatlah penting dalam menciptakan generasi yang terampil dalam literasi, baik literasi tradisional maupun digital. Mengajak anak-anak untuk membaca, menulis, serta mengasah keterampilan digital dengan bijak adalah investasi panjang bagi masa depan yang cerah.

Kini, di tengah pesatnya perkembangan teknologi, membentuk fondasi literasi pada anak-anak menjadi tugas yang tak boleh diabaikan. Sebuah budaya membaca yang kuat dan literasi digital yang bijak akan membawa manfaat jangka panjang bagi individu dan masyarakat secara keseluruhan. Semoga, dengan upaya bersama, kita dapat menciptakan generasi yang cerdas dan berbudaya dalam menghadapi era digital yang semakin kompleks.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,984

Visitors total

331,050

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta