Pemerintah Kota Surakarta
Wedang Dongo: Minuman Hangat Khas Solo yang Memikat Selera
  January 25, 2024 11:45

Solo, kota dengan sejarah panjang dan kekayaan budaya yang memikat, turut menyajikan ragam kuliner yang mengundang selera. Salah satu yang patut disorot adalah “Wedang Dongo”, minuman hangat yang tak hanya menghangatkan tubuh di malam hari, tetapi juga mengusik lidah dengan cita rasa khasnya.

Asal-usul dan Perjalanan Wedang Dongo

Wedang Dongo yaitu sebuah minuman hangat tradisional yang berasal dari Solo yang dahulu hanya dinikmati oleh keluarga kerajaan. Namun, seiring berjalannya waktu, wedang ini mulai  menyebar ke lingkungan masyarakat luas.

Warung Wedang Dongo yang berdiri sejak 1955 adalah salah satu yang legendaris di Solo. Minuman hangat ini menyajikan cita rasa khas yang membuatnya menjadi favorit di kota ini. Namun, apa yang membuat Wedang Dongo begitu istimewa?

Ciri Khas Wedang Dongo

Perbedaan antara Wedang Dongo dengan saudaranya, Wedang Ronde, terletak pada beberapa aspek yang menjadi ciri khasnya. Dalam seporsi Wedang Dongo, kita akan menemukan campuran kacang, kolang-kaling, dan bola ketan yang berisi kacang yang dihancurkan halus. Keunikan rasanya terletak pada kuah cokelatnya yang lebih kental dan rasa jahe yang lebih kuat dibandingkan dengan Wedang Ronde.

Perbedaan lain yang mencolok adalah pada isiannya; Wedang Ronde menggunakan ronde yang lebih besar dan lebih sedikit jumlahnya daripada yang terdapat dalam Wedang Dongo. Selain itu, penggunaan roti tawar dalam Wedang Ronde tidak ditemui dalam hidangan Wedang Dongo.

Kenikmatan yang Merakyat

Meskipun pada awalnya menjadi minuman eksklusif keluarga kerajaan, Wedang Dongo kini telah menjadi minuman yang merakyat. Diketahui bahwa minuman ini juga sering disajikan dalam upacara keagamaan di Solo, seperti sebelum perayaan Imlek di mana Wedang Dongo menjadi sajian khusus.

Harga untuk menikmati segelas kehangatan Wedang Dongo bervariasi dari Rp10.000 hingga Rp15.000, tergantung dari penjualnya. Namun, tak bisa dipungkiri, nikmatnya cita rasa Wedang Dongo akan membayar setiap tetes harga yang tertera.

Wedang Dongo adalah bagian tak terpisahkan dari kekayaan kuliner Solo. Dengan cita rasa yang kuat dan kehangatan yang memeluk, minuman hangat ini menjadi pilihan tepat untuk menemani malam yang dingin atau sebagai bagian dari tradisi dan upacara keagamaan di Solo. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

21

Visitors today

12

Visits total

425,317

Visitors total

330,658

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta