Pemerintah Kota Surakarta
Mengenali Lowongan Kerja Asli atau Palsu: Panduan Penting untuk Pencari Kerja
  January 24, 2024 11:45

Teknologi yang terus berkembang telah membuka pintu bagi penipuan di balik sejumlah lowongan kerja yang tersedia saat ini. Penipuan berkedok lowongan pekerjaan semakin merajalela. Pada umumnya, lowongan kerja palsu menawarkan iming-iming posisi di perusahaan ternama, tetapi pada akhirnya meminta pencari kerja untuk mentransfer sejumlah uang agar bisa diterima bekerja.

Meningkatnya modus penipuan semacam ini mendorong kita untuk lebih waspada terhadap informasi yang diterima. Berikut adalah beberapa cara yang bisa membantu dalam membedakan lowongan kerja yang asli dan palsu:

  1. Perhatikan Deskripsi Posisi

Lowongan pekerjaan palsu sering kali mencantumkan kualifikasi yang terlalu umum. Mereka menerima semua tingkatan pendidikan dan keahlian dasar, sementara sebenarnya posisi yang mereka tawarkan membutuhkan keahlian spesifik. Waspadai iklan yang menawarkan gaji besar tanpa menyebutkan posisi yang ditawarkan.

  1. Periksa Informasi Perusahaan

Laman resmi perusahaan akan mencantumkan email yang resmi pula. Perusahaan yang kredibel biasanya memiliki domain email sendiri bukan menggunakan domain gratis seperti Yahoo atau Gmail. Cek alamat email yang tercantum dalam iklan, dan pastikan mereka sesuai dengan identitas perusahaan yang benar.

  1. Proses Rekrutmen yang Masuk Akal

Lowongan kerja palsu seringkali menjanjikan penerimaan kerja tanpa melalui proses tes atau wawancara yang memadai. Proses rekrutmen yang sebenarnya memerlukan waktu dan tahapan tertentu untuk memastikan kandidat yang terpilih memiliki keterampilan yang dibutuhkan.

  1. Jangan Percaya pada Pungutan Biaya

Perusahaan yang benar tidak akan meminta uang kepada pencari kerja untuk proses rekrutmen. Jika ada permintaan biaya transportasi, registrasi, atau pelatihan, waspadai hal tersebut karena bisa jadi taktik penipuan.

  1. Penggunaan Data Pribadi

Perusahaan akan meminta data pribadi setelah pencari kerja diterima bekerja, bukan pada tahap awal rekrutmen. Hati-hati dalam membagikan informasi pribadi seperti KTP, SIM, ijazah, dan NPWP pada tahap-tahap awal rekrutmen.

  1. Verifikasi Informasi

Pastikan untuk memeriksa kredibilitas perusahaan yang menawarkan lowongan kerja dengan membandingkan alamat resmi yang tertera dalam iklan dengan alamat sebenarnya. Verifikasi nomor kontak yang tertera dengan menggunakan aplikasi identifikasi nomor telepon.

Meningkatnya modus penipuan lowongan kerja menekankan pentingnya kehati-hatian dalam menghadapi informasi yang diterima. Cari sumber informasi yang terpercaya dan jangan terburu-buru dalam memberikan data pribadi atau mentransfer uang sebelum memastikan keaslian lowongan kerja. Ingatlah, kehati-hatian adalah kunci utama untuk menghindari jebakan penipuan di balik lowongan kerja palsu.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

23

Visitors today

14

Visits total

425,319

Visitors total

330,660

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta