Pemerintah Kota Surakarta
Metode Pembayaran yang Memudahkan Perjalanan menggunakan Batik Solo Trans (BST)
  January 25, 2024 11:15

Transportasi publik menjadi tulang punggung bagi mobilitas penduduk kota, dan Batik Solo Trans atau yang dikenal sebagai Teman Bus Solo telah menjadi salah satu pilihan utama di Kota Solo. Dalam upaya mendukung program Teman Bus yang dicanangkan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Batik Solo Trans menawarkan layanan yang luas serta berbagai metode pembayaran yang memudahkan penumpangnya.

Pentingnya Batik Solo Trans dalam Mobilitas Kota Solo

Sebagai operator yang bertanggung jawab atas layanan transportasi ini, Batik Solo Trans telah membuka akses transportasi tidak hanya di wilayah Kota Solo tetapi juga terhubung dengan Bandara Adi Sumarmo dan wilayah sekitarnya. Dengan total 80 unit armada, termasuk bus sedang dan bus besar, Batik Solo Trans telah menjadi pilar utama dalam sistem Bus Rapid Transit (BRT) yang memudahkan mobilitas masyarakat Solo.

Tarif dan Pilihan Metode Pembayaran yang Diterima

Mulai tanggal 1 Januari 2023, Batik Solo Trans menetapkan tarif sebesar Rp3.700,00 untuk kategori penumpang umum. Namun, yang menarik perhatian bukan hanya tarif yang terjangkau, melainkan beragamnya pilihan metode pembayaran yang diterima oleh Batik Solo Trans.

Penumpang dapat memilih beberapa metode pembayaran yang sangat memudahkan, seperti:

  • Kartu Non Tunai dengan Saldo Terisi Penumpang dapat menggunakan kartu non tunai seperti tap cash BNI, flazz BCA, e-money MANDIRI, atau brizzi BRI yang telah diisi saldo.
  • Aplikasi Bank atau Mobile Banking Batik Solo Trans juga menerima pembayaran melalui aplikasi bank atau mobile banking, memungkinkan penumpang untuk melakukan transaksi dengan mudah melalui perangkat mereka.
  • QRIS atau E-Wallet Penggunaan QRIS atau E-Wallet seperti GoPay, ShopeePay, Dana, LinkAja, dan OVO juga menjadi salah satu metode yang diterima oleh Batik Solo Trans. Penumpang cukup melakukan pembayaran dengan mengarahkan ponsel mereka pada kode QR yang tersedia di dalam bus.

Cara Pembayaran yang Praktis

Proses pembayaran dengan Batik Solo Trans sangatlah praktis. Penumpang hanya perlu menyiapkan kartu non tunai atau aplikasi pembayaran QR. Begitu TEMAN BUS hadir, mereka dapat langsung naik dan melakukan pembayaran dengan menempelkan kartu pada perangkat pembaca yang tersedia di dalam bus atau dengan membayar menggunakan QRIS yang sudah disediakan.

Dengan pilihan metode pembayaran yang beragam, Batik Solo Trans tidak hanya memberikan layanan transportasi yang nyaman dan luas, tetapi juga memperhatikan kemudahan bagi penumpang dalam melakukan pembayaran. Inilah yang membuatnya menjadi salah satu solusi transportasi yang sangat diandalkan bagi masyarakat Solo.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

25

Visitors today

15

Visits total

425,321

Visitors total

330,661

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta