Pemerintah Kota Surakarta
Semarak Bulan Ramadan di Kota Solo dengan Tradisi Jaburan yang Masih Eksis hingga Sekarang
  March 19, 2024 11:15

Jaburan merupakan tradisi yang berkembang, menyebar, dan sudah ada di Pulau Jawa sejak beberapa puluh tahun lalu. Jaburan menyiratkan makna, orang yang berpuasa dan qiyam harus dimuliakan dengan diberikan hidangan makan.Jaburan biasanya dibagikan selama bulan ramadhan selesai salat tarawih dan qiyam. 

Tak semua daerah menerapkan tradisi ini, namun beberapa wilayah masih melakukannya, seperti Kota Solo. Jaburan memiliki arti sebagai jamuan makanan yang diberikan warga setempat ke masjid. Makanan yang diberikan bisa berupa makanan kecil hingga berat. Jaburan biasanya digelar di serambi masjid. Biasanya, panitia membentangkan plastik sebagai alas. Setelah itu, makanan disediakan dalam wadah/piring besar. 

Masyarakat kemudian makan bersama dalam satu wadah. Seluruh masyarakat bersedia menyediakan jaburan. Tradisi jaburan dilakukan secara sukarela dan tidak ada paksaan. Tapi, ada juga penyedia atau donatur jaburan digilir kepada setiap warga. Warga dibagi menjadi beberapa kelompok yang bertugas mengantarkan hidangan jaburan ke masjid.

Menjelang shalat Isya, serambi masjid dipenuhi dengan hidangan makanan yang dibawa jamaah yang bertugas. Biasanya, anak-anak terlebih dahulu memadati lokasi jaburan dan sudah duduk berbaris rapi menunggu giliran makanan.

Jaburan juga bisa dijadikan sebagai motivasi anak-anak untuk giat datang ke masjid dan melaksanakan salat tarawih. Pada umumnya, para orangtua yang melaksanakan salat tarawih ke masjid akan mengajak anak-anak mereka. Dari situlah timbul rasa cinta terhadap diri sang anak.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

52

Visitors today

22

Visits total

425,912

Visitors total

331,004

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta