Pemerintah Kota Surakarta
Masjid-masjid dengan Arsitektur Unik di Solo
  June 11, 2024 11:15

Masjid merupakan bangunan suci yang digunakan sebagai tempat peribadatan bagi kaum muslim. Kota Solo tak hanya dikenal sebagai pusat kebudayaan Jawa, melainkan juga memiliki berbagai masjid dengan arsitektur unik. Berikut ini beberapa masjid di Solo dengan arsitektur yang unik.

  1. Masjid Laweyan

Terletak di Jalan Liris I, Pajang, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Masjid ini dibangun pada tahun 1564, masa Kerajaan Pajang. Keunikan dari bangunan masjid Laweyan yaitu dipengaruhi oleh budaya Hindu.

Masjid Laweyan masih berada satu kompleks dengan pemakaman Ki Ageng Henis, tokoh penting dalam membangun peradaban di Kampung Laweyan. Sebelum didirikan masjid Laweyan, bangunan tersebut merupakan Pura yang telah diwakafkan untuk dibangun masjid.

  1. Masjid Saminah Sihyadi

Bangunan masjid ini berlokasi di Jalan Tirtonadi No.9, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Masjid Saminah memiliki bentuk bundar atau melingkar. Keunikan dari bangunan masjid ini adalah ornamennya mirip dengan kulit buah salak.

Masjid Saminah tidak terdapat dinding, melainkan hanya jendela kayu yang berukuran besar. Jendela tersebut mengelilingi hampir setengah dari bangunan masjid. Masjid ini mulai dibuka secara umum sejak tahun 2023, tidak pernah tutup, dan selalu terbuka untuk semua kalangan.

  1. Masjid Raya Sheikh Zayed

Masjid yang berlokasi di Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta ini merupakan hadiah dari Uni Emirates Arab (UEA) untuk Indonesia. Masjid Sheikh Zayed dibuka untuk umum pada Februari 2023.

Bangunan masjid ini dibuat mirip dengan Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA. Masjid dengan dominasi warna putih ini dapat menampung hingga 10.000 jemaah. Dengan desain yang memukau, masjid Sheikh Zayed menjadi daya tarik bagi masyarakat muslim.

  1. Masjid Darussalam

Masjid ini dibangun sejak tahun 1900-an oleh para perantau masyarakat Banjar yang tinggal di Solo. Bangunan masjid ini berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jayengan, Serengan. Keunikan dari masjid Darussalam adalah gaya arsitekturnya perpaduan Jawa dan Sumatera.

Saat ini, masjid Darussalam menjadi bagian dari wisata religi yang sering dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah. Keunikan lainnya dari masjid ini yaitu sering memasak hingga ribuan porsi untuk dibagikan ke masyarakat dan jemaah masjid sebagai menu berbuka puasa.

  1. Masjid Agung Surakarta

Masjid peninggalan Kerajaan Mataram ini berlokasi di Jl. Masjid Agung No.1, Kauman, Kecamatan Pasar. Kliwon, Kota Surakarta. Bangunan masjid ini dipengaruhi gaya arsitektur Jawa Kuno dan Belanda. Masjid Agung Surakarta didominasi oleh penggunaan bahan kayu.

Keunikan-keunikan pada bangunan masjid di Kota Solo sangat sayang untuk dilewatkan. Jika sedang berada di Kota Solo, para wisatawan dapat mengunjungi masjid-masjid unik di atas untuk ibadah dan melihat keunikan masing-masing arsitektur bangunanya.

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

550

Visitors today

531

Visits total

460,050

Visitors total

360,921

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta