Pemerintah Kota Surakarta
Kolaborasi Nilai Budaya dan Sejarah dalam Pertunjukan Memukau Solo Batik Carnival 15
  July 15, 2024 11:15

Solo Batik Carnival merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang diadakan di Kota Surakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kota Solo untuk terus melestarikan warisan budaya yang dimiliki Indonesia yaitu batik. Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tahun 2008 dan terus dilaksanakan setiap tahun dengan tema yang berbeda.

 

Pada tahun ini Solo Batik Carnival mengusung tema “Amerta: The Legacy of Mataram Kingdom”. Tema kali ini memuat nilai budaya yang dipadukan dengan nilai sejarah. Makna dalam tema tersebut berkaitan dengan harapan untuk mewujudkan keagungan warisan Kerajaan Mataram agar senantiasa abadi di Kota Solo.

 

Motif batik yang dipilih pada Solo Batik Carnival tahun ini adalah motif pisan bali. Pisan Bali merupakan Bahasa Jawa yang berarti “selalu kembali” atau berulang. Filosofi dari pemilihan motif ini yaitu diharapkan Solo Batik Carnival dapat terus dilaksanakan kembali dan berulang setiap tahunnya di Kota Solo.

 

Pelaksanaan Solo Batik Carnival pada tahun ini jatuh pada hari Sabtu, 13 Juli 2024 dengan rute Jalan Bhayangkara menuju Balai Kota Surakarta. Terdapat panggung hiburan dengan penampilan bintang daerah yaitu Gilang, Caroline, serta Sanggar CIC Abimanyu. Seluruh warga dapat menyaksikan keseruan acara ini tanpa dipungut biaya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

181

Visitors today

176

Visits total

522,387

Visitors total

416,019

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta