Pemerintah Kota Surakarta
Cara Kerja Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
  August 22, 2024 11:15

Berdasarkan Permenakertrans RI No 4/MEN/1980 tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan, APAR atau Alat Pemadam Api Ringan adalah alat yang ringan serta mudah dilayani untuk satu orang guna memadamkan api atau kebakaran pada mula terjadi kebakaran. Sebelum memiliki dan menggunakan APAR, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu cara kerjanya.

Cara kerja APAR berkaitan dengan teori segitiga api. APAR dirancang untuk memadamkan api  yang bekerja dengan cara menghilangkan salah satu elemen dalam segitiga api. Jika salah satu elemen segitiga api hilang, maka otomatis api akan padam.

Cara Kerja APAR Berdasarkan Media Pemadam Api

  1. Powder

Media powder bekerja dengan cara menutup permukaan kebakaran dari kontak dengan oksigen. Saat serbuk kimia menutupi titik api, kontak api dengan oksigen akan terputus dan api akan langsung padam.

  1. CO2

Media CO2 bekerja dengan cara memutus kontak antara api dan oksigen. Massa O2 yang lebih berat dari udara akan menghalangi oksigen masuk ke area yang sudah terkena media CO2.

  1. Foam

Media foam yang mengandung air menghilangkan salah satu elemen dalam segitiga api dengan cara mendinginkannya. Saat titik api dingin, elemen panas pada segitiga api akan hilang dan api akan padam.

 

Tata Cara Penggunaan APAR

  1. Tarik atau lepas pin pengunci tuas APAR,
  2. Arahkan selang ke titik pusat api,
  3. Tekan tuas untuk mengeluarkan isi APAR,
  4. Sapukan secara merata sampai api padam.
Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

378

Visitors today

343

Visits total

526,895

Visitors total

420,002

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta