Pemerintah Kota Surakarta
Peluncuran Ruang Pemeran AI di Kota Surakarta
  August 21, 2024 12:05

Kemajuan teknologi dapat memberi manfaat positif pada berbagai aspek kehidupan apabila digunakan dengan bijak dan tepat. Hal itulah yang ingin terus digali oleh Pemerintah Kota Surakarta dalam mewujudkan Kota Surakarta yang semakin maju dan berkembang. Salah satu upaya guna mewujudkan hal tersebut direalisasikan dengan meresmikan ruang pameran AI yang berada di Solo Technopark. Peresmian ini telah berlangsung pada 20 Agustus 2024.

 

Ruang pameran AI menghadirkan berbagai produk yang menggunakan kecerdasan buatan/ AI. Beberapa produk diantaranya hadir dalam wujud robot. Terdapat salah satu robot yang memiliki kemampuan dapat menyajikan minuman kopi yang nikmat. Hadirnya robot ini nantinya dapat dijadikan sebagai alat bantu manusia dalam menjalankan tugas pada kehidupan sehari-hari.

 

Ruang Pameran AI di Solo Technopark menjadi salah satu bagian untuk mengenalkan teknologi AI kepada masyarakat. Hal tersebut juga dapat membuka pikiran masyarakat bahwa kehadiran kecerdasan buatan bukan merupakan ancaman namun dapat menjadi sesuatu hal yang bisa digunakan untuk berkolaborasi menghasilkan inovasi-inovasi baru dengan cara yang lebih efisien. Pada ruang pameran AI ini masyarakat dapat menikmati pengalaman berinteraksi langsung dengan berbagai produk-produk berbasis AI.

 

Kehadiran Ruang Pemeran AI juga diharapkan dapat menjadi wadah edukasi bagi masyarakat untuk mempelajari bagaimana sistem kerja dari teknologi canggih yang satu ini. harapannya kedepan, masyarakat akan semakin tereduksi dan semangat untuk mengulik berbagai hal berbasis AI sehingga secara tidak langsung dapat menghasilkan SDM dengan pola pikir kritis dan modern. Hadirnya SDM dengan pola pikir kritis dan modern ini lah yang nantinya akan turut andil dalam memajukan Kota Surakarta.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

920

Visitors today

860

Visits total

517,164

Visitors total

411,520

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta