Pemerintah Kota Surakarta
Pasar Pucang Sawit Dijadikan Pasar Khusus
  June 11, 2016 19:46

Pasar Pucangsawit akan diubah menjadi pasar khusus. Dinas Pengelola Pasar (DPP) melakukan kajian pengubahan jenis dagangan pasar yang berlokasi tidak jauh dari Bengawan Solo tersebut. Menurut Kepala Dinas Pengelola Pasar Subagio, ada beberapa usulan untuk mengubah pasar tradisional tersebut menjadi pasar khusus.

“Kami menyadari jika kondisi di Pasar Pucangsawit seperti hidup segan, mati tak mau. Tapi, kami berupaya mempertahankannya agar tidak mati. Kami berencana mengkaji kondisi pasar untuk menjadi pasar khusus, sehingga pasar itu bisa ramai pembeli,” kata Kepala DPP, Subagiyo Jumat (10/6/2016).

Subagio mengatakan perubahan jenis dagangan tersebut tidak mudah dilakukan. Selain melakukan kajian teknis, juga harus ada kajian hukum terutama untuk menyesuaikan Peraturan Walikota (Perwali) yang menjadi payung hukumnya. “Menilik sejarahnya, pasar itu pernah menjadi pasar buah. Jadi, bisa juga dikembalikan seperti dulu. Sedangkan gagasan menjadi pasar makanan khas Solo karena pasar itu dekat dengan TSTJ (Taman Satwa Taru Jurug), sehingga bisa menjadi paket wisata,” ujarnya.

Sementara ini, Subagiyo memberi kelonggaran bagi pedagang di Pasar Pucangsawit di antaranya ada pedagang kaki lima (PKL) yang boleh berjualan di pelataran pasar serta penarikan pendapatan berupa karcis dan bukan retribusi. Upaya itu untuk menarik pedagang baru agar mau berjualan di Pasar Pucangsawit. Upaya lain berupa kegiatan creative space oleh mahasiswa mulai sore hingga malam hari di pasar lantai dua untuk menarik pengunjung. Pasar ini juga dilengkapi area free hotspot.

aosgi
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

245

Visitors today

193

Visits total

380,841

Visitors total

298,062

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta