Pemerintah Kota Surakarta
Ini Jadwal PPDB Online SMP
  June 21, 2016 23:42

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2016 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) mulai dibuka, Selasa (28/6/2016). Sebanyak 61 SMP negeri dan swasta di Kota Surakarta menjadi peserta PPDB Online yang akan berlangsung hingga Jum’at (30/6/2016). Setiap calon siswa memiliki kesempatan untuk memilih dua SMP Negeri dan dua SMP swasta. “Pengumuman PPDB oline rencananya akan dilakukan 1 Juli,” kata Kepala Bagian SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta, Bambang Wahyono.

Menurut Bambang pada tahun ini jumlah SMP yang membuka PPDB online meningkat karena tahun lalu hanya 41 sekolahan. Bambang mengatakan, seluruh SMP negeri di Kota Surakarta diwajibkan untuk membuka pendaftaran melalui PPDB online. Sedangkan sekolah swasta hanya dihimbau memanfaatkan layanan tersebut. “SMP Negeri tidak ada lagi pendaftaran offline karena semuanya menggunakan PPDB online, swasta masih bisa menerima pendaftaran off line,” kata dia.

Sementara itu Sekretaris Disdikpora Solo, Aryo Widyandoko, mengatakan dalam mekanisme PPDB Online Kota Solo tahun ini ada perubahan berkaitan dengan kuota penerimaan siswa asal luar Kota Solo di beberapa sekolah. Tahun lalu, kuota siswa luar Kota Solo di sekolah-sekolah negeri ditetapkan sama, yakni maksimal 20 persen. Namun kali ini ada kebijakan untuk membatasi penerimaan siswa luar kota tersebut dengan persentase yang berbeda di sejumlah sekolah. Adanya kebijakan tersebut dengan berbagai pertimbangan, terutama melihat tingginya minat pendaftar dalam kota.

Pengurangan kuota untuk siswa asal luar Kota Solo diberlakukan untuk SMPN 1, SMPN 3, dan SMPN 4, dengan persentase maksimal hanya 5 persen dari daya tampung sekolah setelah dikurangi kuota siswa dari keluarga miskin (gakin) dan kuota siswa berprestasi di bidang olah raga. Demikian pula kuota untuk SMPN 5, SMPN 7, SMPN 10, SMPN 12, SMPN 13, SMPN 14, SMPN 15, SMPN 16, SMPN 19, SMPN 20, dan SMPN 25, dengan persentase maksimal hanya 10 persen.

Sedangkan untuk SMPN 2, SMPN 6, SMPN 8, SMPN 9, SMPN 22, dan SMPN 23, kuota masih sama dengan tahun lalu, yakni 20 persen. Khusus SMP 11, SMPN 17, SMPN 18, SMPN 21, SMPN 24, SMPN 26, dan SMPN 27, tidak ada batasan kuota untuk penerimaan siswa asal luar kota. “Pendaftaran peserta didik baru dalam Kota Solo berdasarkan KK (kartu keluarga),” terangnya.

 

Konversi Piagam Prestasi

Mengenai pelayanan konversi nilai piagam prestasi, Aryo mengatakan pihaknya membuka layanan tersebut mulai hari Senin (27/6/2016) hingga Rabu (29/6/2016). Layanan hanya dilakukan di di Lantai dua Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Jl DI Panjaitan No 7 Solo.  “Khusus Sekolah Dasar, ada empat lomba yang piagamnya tidak dibatasi dua tahun terakhir, Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Olimpiade Siswa Nasional (OSN), dan Persari Siaga,” ujar Ketua Bidang Konversi Piagam Prestasi Panitia PPDB  Kelik Isnawan

Menurut Kelik, keempat ajang tersebut diberikan kelonggaran tidak harus dua tahun terakhir karena ajang tersebut hanya bisa diikuti sekali saja oleh siswa. Dikatakannya piagam prestasi yang dapat dikonversikan nilainya meliputi piagam bidang akademis, bidang olah raga, bidang kesenian, dan bidang keterampilan. Konversi nilai berlaku untuk kejuaraan mulai tingkat kecamatan hingga internasional.

 

Berikut Nilai Konversi Piagam Penghargaan Prestasi:

Tingkat Internasional juara I, II dan II mendapatkan poin 40,0.

Juara di tingkat Nasional, Peringkat I mendapatkan 37,5, peringkat II mendapatkan 35,0, dan peringkat III mendapatkan 32,5.

Tingkat Provinsi, Juara I mendapatkan 30,0, juara II mendapatkan 27,5, dan juara III mendapatkan 25,0.

Tingkat Kabupaten/Kota, Juara I mendapatkan 15,0, Juara II mendapatkan 12,5, dan Juara III mendapatkan 10,0.

Sedangkan di tingkat Kecamatan hanya Juara I yang mendaparkan poin sebesar 2,5.

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,326

Visitors total

330,664

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta