Pemerintah Kota Surakarta
Kado Akhir Tahun dari Presiden
  December 7, 2016 14:14

Pemerintah Kota  Surkarta mendapat “kado” tutup tahun dari Kementerian Keuangan. Kota Surakarta dinilai berhak mendapatkan Anugerah Ddana Rakca 2016 atas prestasinya dalam pengelolaan keuangan daerah. Penghargaan tersebut langsung diserahkan Presiden RI Joko Widodo kepada Walikota FX Hadi Rudyatmo di Istana Negara, Rabu (7/12/2017).

Anugerah Dana Rakca diberikan kepada daerah yang memiliki kinerja keuangan yang baik. Setidaknya, ada beberapa indikator yang dipergunakan dalam penilaian tersebut, yakni laporan keuangan tahunan mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian atau WTP dari BPK, pengesahan APBD yang tepat waktu, serta pengendalian dan pengelolaan serta pelayanan dan ekonomi yang baik.

Berdasarkan undangan dari Kementerian Keuangan kepada Walikota Surakarta, dari ratusan pemerintahan daerah, hanya ada 36 pemerintah daerah baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi yang mendapatkan Anugerah Dana Rakca Tahun 2016. Sebelum menerima penghargaan tersebut, Walikota Rudyatmo juga dijadwalkan menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran(DIPA) Tahun 2017 dan Dana Insentif Daerah (DID) 2017.

Atas penghargaan tersebut Walikota   Rudyatmo mengatakan pihaknya akan terus bekerja keras dan meningkatkan kinerjanya. Penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas kinerja ASN di lingkungan Pemerintahan Kota Surakarta sekaligus menjadi pemacu semangat untuk memberikan yang lebih baik lagi. “Tujuannya bukan mendapatkan penghargaan, tetapi melayani warga sebaik-baiknya. Penghargaan menjadi cambuk penyemangat,” ujarnya.

Penghargaan tersebut menambah daftar panjang prestasi yang diraih selama kepemimpinan Rudyatmo-Achmad Purnomo. Sehari sebelumnya, Kementerian Pariwisata memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Surakarta dalam hal Tata Kelola Wisata. Di masa Rudyatmo-Purnomo pula, Kota Surakarta akhirnya menyabet Piala Adipura, setelah belasan tahun selalu absen dalam ajang bergengsi di bidang lingkungan hidup.

Penyelenggaraan pengadaan barang/jasa secara elektronik oleh Pemerintah Kota Surakarta juga dinilai bagus sehingga diganjar LPSE Award oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional. (***)

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

426,497

Visitors total

331,352

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta