Pemerintah Kota Surakarta
Pemilihan RT Serentak di 51 Kelurahan
  March 9, 2017 13:03

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, menyadari pentingnya peran RT dan RW bagi Pemkot dan masyarakat, untuk itu Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta akan menggelar pemilihan serentak 2.714 ketua RT. Pemilihan serentak dilakukan karena masa akhir jabatan RT habis awal tahun ini.

Kabag Pemerintahan Umum Setda Pemkot Solo, Hendro Pramono, mengatakan masa jabatan ketua RT dan RW di Solo selama empat tahun. RT yang mengalami kekosongan jabatan ketua pada awal tahun ini diminta segera memilih ketua baru.

Sesuai aturan, jabatan ketua RT maksimal dua periode dan setelah itu tidak boleh mencalonkan lagi. Namun, karena banyak warga kesulitan mencari ketua RT baru akhirnya incumbent yang pernah menjabat dua periode kembali dipilih.

Direncanakan pemilihan ketua RT serentak harus selesai Maret, karena berkaitan dengan pencairan dana operasional RT dan RW di Solo.

infografisrtrw

Sesuai arahan Wali Kota, Pemkot tahun ini menaikkan dana operasinal RT dan RW dari APBD 2017. Perinciannya RT mendapatkan Rp2 juta per tahun dan RW mendapatkan Rp1,5 juta per tahun.

Tahun lalu oprasional RT hanya Rp1,5 juta sedangkan RW mendapatkan Rp1 juta.

Dana operasional RT dan RW tahun ini tidak terintegrasi dengan dana pembangunan kelurahan (DPK). RT dan RW dapat mencairkan dana operasional langsung ke Pemerintahan Umum Setda atas sepengetahuan kelurahan dan kecamatan.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengatakan peran RT dan RW sangat penting bagi Pemkot. Ia berharap dengan kenaikan dana operasional tersebut ketua RT dan RW di Solo mampu meningkatkan kualitas pelayanan.

“Kami menaikkan dana oprasional RT dan RW tahun ini berdasarkan aspirasi warga,” kata dia.

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

23

Visitors today

14

Visits total

425,319

Visitors total

330,660

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta