Pemerintah Kota Surakarta
Taman Balekambang Akan Ditata Ulang
  March 2, 2017 16:00

Untuk peningkatan pelayanan dan kenyanaman pengunjung Taman Balekambang, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan merombak tata letak atau layout Taman Balekambang.

Detail engineering design (DED) penataan ulang Taman Balekambang telah rampung dibuat dan terlihat estimasi dana yang dibutuhkan sebesar Rp12,5 miliar.

Pemkot mengajukan dana penataan ulang taman peninggalan K.G.P.A.A. Mangkunegara VII tersebut kepada pemerintah pusat untuk alokasi anggaran 2018.

Penataan yang akan dilakukan antara lain memindah Taman Reptil dari ujung barat ke lahan di ujung utara, membongkar kolam Partinah Bosch, mengubah jalur pejalan kaki, dan menyediakan tempat bagi pedagang di barat Gedung Kesenian.

infografis-balekambang

Penataan hanya akan menyasar beberapa bagian taman untuk menunjang akses pengunjung. Jadi tidak semua bagian taman akan dijamah untuk ditata kembali.

Sementara itu, lahan bekas Taman Reptil di barat akan dijadikan taman hijau. Jalur pejalan kaki bakal dibuat hanya satu lajur, tidak seperti sekarang.

“Pengunjung Taman Balekambang yang masuk melalui gerbang utara masih sepi. Kebanyakan pengunjung masuk lewat gerbang timur. Dengan penataan ini kami juga berharap terjadi peningkatan jumlah pengunjung masuk dari gerbang utara mengingat taman reptil akan dipindah ke sisi utara. Rute juga dinilai perlu diubah untuk mengoptimalkan gerak pengunjung,” jelas Sumeh, Kepala UPTD Taman Balekambang.

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,061

Visitors total

329,916

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta