Pemerintah Kota Surakarta
Pemkot Solo Serius Tanggulangi TB
  March 29, 2017 01:21

Pemerintah Kota Surakarta yang dikoordinasi oleh Dinas Kesehatan bekerja sama dengan KNCV Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyusunan Peraturan Walikota (Perwali) Rencana Aksi Daerah Penanggulangan TB (RAD TB)  di Indah Palace Hotel, Jumat (31/3). Workshop ini sebagai tindak lanjut dari Workshop Penyusunan Anggaran Kegiatan RAD TB Kota Surakarta yang berlangsung hari Senin (27/3).

Dalam sambutannya Ibu Riana Dian Anggraeni dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menyatakan bahwa TB merupakan ancaman serius yang penanggulangannya memerlukan dukungan berbagai pihak.

“Penanggulangan TB merupakan tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah, swasta maupun LSM. Untuk itu perlu dibuat RAD TB yang nantinya dapat dijadikan acuan bagi semua stake holder untuk memberikan dukungan dalam penanggulanggan TB,” tambahnya.

tuberculosis

 

RAD TB merupakan dokumen program aksi daerah Kota Surakarta berupa langkah konkrit dan terukur yang telah disepakati oleh pemangku kepentingan di Kota Surakarta untuk mempercepat tujuan eliminasi TB di Kota Surakarta sebagai bentuk komitmen pemerintah kota dalam penanggulangan TB.

“RAD ini dikuatkan dengan Instruksi Walikota No. 440/4869 Tanggal 21 Desember 2016. Harapannya Perangkat Daerah dapat mengambil peran dalam program penganggulangan TB sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Minimal masing-masing Perangkat Daerah melaksanakan sosialisasi internal tentang bahaya dan penanggulangan TB,” kata Kepala Bidang Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit (Kabid P2P) Dinas Kesehatan (DKK) Kota Surakarta, drg. Efi Setyawati Pertiwi.

Menurut drg. Efi Setyawati, Indonesia menduduki peringkat kedua dunia jumlah penderita TB, oleh karena itu semua pihak harus menganggap isu TB sebagai isu yang harus segera ditindaklanjuti. Ini semua sebagai suatu perwujudan keseriusan Pemkot Solo dalam mewujudkan Indonesia Bebas TB tahun 2050.

“Tahun 2016, kami telah mendatangi 2.078 rumah melakukan screening TB. Hasilnya terdapat 338 orang yang terindikasi TB. Setelah ditindaklanjuti 19 diantaranya positif terjangkit TB,” tambahnya.

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta