Pemerintah Kota Surakarta
Jalan Sehat, Cara Buruh di Solo Peringati May Day
  May 3, 2018 08:29

Di Kota Solo, ratusan buruh telah berkumpul sejak pukul 06.00 WIB di pelataran Plasa Sriwedari, Selasa (01/05) pagi, untuk memperingati Hari Buruh Sedunia, May Day. Mungkin tak seperti di kota-kota lain, para buruh memperingatinya dengan melakukan acara Jalan Sehat.

Wali Kota Surakarta, F.X Hadi Rudyatmo mengatakan teman-teman buruh dalam menyampaikan aspirasi itu dengan berbagai inovasi. “Solo kita lakukan dengan jalan sehat untuk mengambil filosofi kesehatan dalam berfikir, kesehatan dalam bertindak dan kesehatan dalam berbicara yang paling utama, sehingga dengan tripatit kemarin kami selenggarakan jalan sehat,” terang F.X Rudi.

Dirinya menjelaskan, saat ini buruh dalam menyampaikan aspirasinya tidak perlu melakukan pengerahan masa yang banyak karena cara tersebut dinilai kurang efektif. Hal tersebut hanya akan membuang-buang energi sementara maksud dan tujuannya justru tidak tersampaikan dengan sempurna. Maka sebaiknya buruh lebih mengedepankan dialog, katakanlah dengan melibatkan 5 sampai 10 orang perwakilan, hal tersebut justru lebih positif.

“Salah satu contohnya kemarin ada yang menyampaikan, Pak saya ini sebagai salah satu pekerja di salah satu perusahaan tapi yang dijaminkan kesehatan hanya saya saja, istri dan anak tidak, itu bagaimana? Menanggapi itu, akhirnya kita cover pakai Jamkesnas dengan KIS-nya, itu salah satu wujud Pemkot untuk hadir di tengah-tengah masyarakat Solo Khususnya di bidang kesehatan, pendidikan dan RTLH, hal seperti inilah yang akan kita lakukan terus-menerus,” jelas F.X Rudi.

Pak Wali menilai, lama kelamaan kita akan semakin terbiasa bahwa mengedepankan dialog itu jauh lebih penting daripada mengerahkan aksi masa secara besar-besaran tanpa ada solusi yang jelas. “Lebih baik saat ini kita berbicara mengenai masa depan keluarga dari para buruh itu seperti apa, hal tersebut jauh lebih penting dan harus kita pikirkan,” terang Pak Wali.

Sementara itu Ketua DPC SPN Kota Surakarta Budi Wasisto menjelaskan bahwa acara jalan sehat yang diselenggarakan oleh tripartit ini diikuti oleh 300 peserta dari berbagai serikat buruh yang ada di Kota Solo. “Ada 300 peserta, nanti para peserta jalan sehat berangkat pukul 07.00 dari lokasi start di Plasa Sriwedari kemudian berjalan menyusuri Jalan Slamet Riyadi, Jalan Honggowongso, Jalan Dr. Rajiman, Jalan Bhayangkara dan lokasi finish kembali ke Plasa Sriwedari,” jelas Budi.

Sebelum acara Peringatan Hari Buruh digelar, Budi mengatakan sudah ada dialog antara buruh dengan pemangku kepentingan. “Sebelumnya kita sudah melakukan dialog bertempat di BPJS ketenagakerjaan dengan mengundang teman-teman dari perwakilan serikat buruh untuk bertemu dengan pemkot dan  juga Aspindo,” terang Budi.

Ia menambahkan dalam Peringatan Hari Buruh Internasional atau yang juga sering disebut dengan May Day, serikat buruh di Solo menginginkan suaranya lebih didengar. “Kalau biasanya dalam peringatan Hari Buruh kita mengadakan kegiatan demonstrasi biar kelihatan, sekarang ini kita coba untuk langsung berdialog dengan pemangku kepentingan,” tutur Budi.

Pak Wali disela-sela acara mengatakan, kedepan kita akan libatkan lebih banyak peserta lagi untuk menyambut Hari Buruh Internasional. “Saya berharap bahwa buruh di Solo maupun pekerja yang ada di Solo bisa bersatupadu bersama-sama untuk membangun Kota Solo pada khususnya dan bisa memberikan teladan bagi buruh-buruh yang ada di seluruh Indonesia,” tutup F.X Rudy.

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

425,986

Visitors total

331,051

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta