18-09-2025
WIB
Agnia
01-09-2025
11:15:02 WIBPemkot Surakarta menggelar perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 Mal Pelayanan Publik (MPP) Jenderal Sudirman pada Senin (01/09) di Surakarta. Acara ini dihadiri Wali Kota bersama jajaran pejabat, mitra kerja, dan ratusan masyarakat. Momentum tersebut tidak hanya menjadi ajang refleksi perjalanan lima tahun MPP, tetapi juga peluncuran fasilitas baru untuk memudahkan warga mengakses layanan publik.
Rangkaian acara dimulai sejak pagi dengan upacara bendera, pemotongan tumpeng bersama anak-anak yatim, hingga pameran berbagai layanan kependudukan dan perizinan usaha. Tak hanya itu, perayaan juga dimeriahkan penampilan seni tradisional serta seminar mengenai digitalisasi pelayanan. Lebih dari 500 peserta mengikuti kegiatan hingga sore hari dengan suasana meriah dan penuh antusiasme.
Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Surakarta menegaskan bahwa MPP Jenderal Sudirman merupakan wajah pelayanan publik yang ramah dan efisien. Seiring bertambahnya usia, MPP menghadirkan fasilitas baru seperti aplikasi antrian online, ruang tunggu khusus lansia dan difabel, penambahan counter Dispendukcapil, hingga fasilitas pendukung berupa Wi-Fi gratis dan charging station. Inovasi ini diharapkan memangkas waktu tunggu layanan menjadi lebih cepat dan nyaman.
Sejak berdiri, MPP Jenderal Sudirman telah menangani lebih dari 100 ribu permohonan layanan dengan tingkat kepuasan mencapai 95 persen. Dengan tema “Pelayanan Prima untuk Masyarakat Solo yang Sejahtera”, Pemkot Surakarta menegaskan komitmen untuk terus menghadirkan layanan terintegrasi, inklusif, dan adaptif sebagai bagian dari pembangunan Solo menuju kota pintar.