Festival Laweyan 2018 “Kawah Condrodimuko”

Surakarta, Selasa (25/09) Bertempat di Kelurahan Laweyan Surakarta, Wakil Wali Kota Surakarta Dr. H. Achmad Purnomo menghadiri dan memberikan sambutan Opening Ceremony Kawah Condrodimuko Festival Laweyan Surakarta. Laweyan merupakan salah satu kawasan wisata yang berada dikota Surakarta. Sebagai ikon cagar budaya dengan kawasan kampoeng batiknya, yang telah dikenal hingga manca negara. Saat ini kampoeng Laweyan telah ditetapkan sebagai salah satu objek vital nasional dibidang pariwisata melalui keputusan menteri pariwisata.

Apresiasi pemerintah ini menjadi sebuah harapan sekaligus tantangan bagi kelurahan Laweyan untuk menata kelola pembangunan dan pengembangan kawasan wisata kampoeng batik Laweyan beserta seluruh potensinya, sehingga apresiasi ini akan memberikan dampak yang positif dan konstruktif bagi pengembangan lingkungan Laweyan secara keseluruhan.

Festival Laweyan yang merupakan kegiatan kreatif seni budaya lokal kelurahan Laweyan, yang dilalsanakan setiap tahun in, perlu terus dilakukan, bukan cuma untuk menarik wisata manca negara saja, melainkan sebagai upaya penguatan aset-aset budaya sehingga jangan sampai seni batik yang adi luhung ini dianggap sebagai produk seni bangsa lain. Festival Laweyan ini juga merupakan komitmen bersama antara pemerintah kota Surakarta dengan warga sebagai upaya pendukungan dan pengambangan potensi baik sumber daya manusia serta seni budaya, khususnya seni batik kepada generasi penerus.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Surakarta mengatakan kegiatan festival Laweyan ini tentu saja disamping menggali dan mengedepankan warisan nenek moyang kita dan masa lalu kota Surakarta dikembangkan, seperti budaya, seni, dll. Diharapkan kegiatan ini menjadi ujung tombak pengembangan kesejahteraan kemajuan kota Surakarta Ucap Dr. H. Achmad Purnomo. “Kegiatan seperti ini merupakan cerminan bagi kehidupan kebersamaan, kehidupan gotong royong dan silaturahmi masyarakat kota Surakarta,” jelas Beliau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This