Semarak Singo Barong 2018

Sebanyak 30 grup reog dari berbagai daerah beraksi dalam acara Semarak Singo Barong 2018 di halaman Benteng Vastenburg, Rabu-Kamis (26-27/9). Dalam acara tersebut, grup-grup reog akan memperebutkan Piala bergilir dari Walikota serta uang pembinaan kepada Penari dan Pembarong yang meraih Juara I, II, III dan Harapan I, II.

Kabid  Kesenian Sejarah dan Sastra Dinas Kebudayaan Surakarta Mareta Dinar Cahyono mengatakan, “Kegiatan yang digelar  bertujuan memelihara, melestarikan dan memajukan kesenian reog sebagai khasanah budaya daerah dalam menunjang Kebudayaan Nasional.”

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, Kota Solo Eny Tiyasni Suzana dalam sambutannya berharap kegiatan ini mampu melestarikan dan mengenalkan kesenian reog kepada masyarakat. “Kesenian reog adalah kekayaan budaya Indonesia yang harus dilestarikan,” kata dia.

Semarak Singo Barong sudah digelar kali keenam ini diikuti oleh berbagai grup singo Barong yang berasal dari Solo Raya, Ponorogo, Magetan dan Jakarta. Dalam sehari, akan ada 15 grup reog yang akan tampil. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memelihara dan melestarikan kesenian Reog sebagai khasanah budaya daerah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This