Pemerintah Kota Surakarta
Satu Dasawarsa Solo International Performing Art (SIPA)
  September 6, 2018 21:20

Surakarta – Wakil Walikota, Ahmad Purnomo membuka perhelatan Solo International Performing Art (SIPA) tahun 2018 di Benteng Vestenberg pada Kamis (6/9/18). Tahun ini menjadi momentum bagi SIPA karena menginjak penyelenggaraan yang ke-10 kalinya dengan mengundang delegasi dari 10 negara. Berlangsung selama 3 malam yakni 6-8 September 2018, SIPA akan menghadirkan panggung yang megah dan mewah.

​Dalam semangat Dasa Wasa SIPA Karya, penyelenggaraan SIPA 2018 mengusung tema “We Are The World – We are The Nation”. Melalui tema ini, penyelenggara mengajak masyarakat bersatu di dalam perbedaan dunia. Direktur SIPA, Irawati Kusumorastri menjelaskan, tema tersebut dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.

​“SIPA kali ini berbeda dengan sebelumnya, rangkaian acara tahun ini telah dilaksanakan SIPA goes to Cafe, SIPA goes to Campus, SIPA Mart yang telah di launching malam ini, SIPA for student dan SIPA di benteng Vastenberg selama 3 hari, dari tanggal 6-8 September” papar Ira dalam sambutannya.

​Kota Surakarta atau Solo memang sudah diakui dunia internasional dalam hal seni dan budaya. Penguatan nuansa etnik pada pagelaran SIPA ini, baik kontemporer maupun tradisi dalam pagelaran ini, merupakan upaya untuk membumikan keberagaman karya seni budaya yang berbasiskan keanekaragaman identitas local, sebagai cirri khas identitas nusantara.

​“Sebuah upaya penghadiran kembali identitas nasional yang dibangun di atas ke-Bhineka Tunggal Ika-an yang disampaikan melalui perhelatan SIPA 2018” ucap Ahmad Purnomo dalam memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

​ Wakil Walikota, Dr. H. Achmad Purnomo dalam sambutannya menyampaikan bahwa sumber daya seni budaya merupakan unsur potensial yang bisa diangkat untuk menumbuhkan ekonomi kreatif unyuk kesejahteraan masyarakat secara luas. “Mencitrakan Solo sekarang sebagai Solo tempo doeloe dari sisi budaya adalah pilihan strategis dalam mengangkat reputasi kota,” terang Wakil Walikota. Memasuki hari pertama gelaran SIPA 2018 menampilkan Semarak Candrakirana (Solo), Leineroebana Dance Company (Belanda), Suling Bambu Dasarai Lamaknen (Atambua, NTT), Studio Taksu (Solo), Chinese Youth Goodwill Association (Taiwan), Gilang Ramadhan feat Smiet (Jakarta  & Palu). Pagelaran maha karya seni ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat tanpa dipungut biaya.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

426,497

Visitors total

331,352

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta